Show simple item record

dc.contributor.authorEma Sintia Ramadhani
dc.date.accessioned2013-12-27T03:00:52Z
dc.date.available2013-12-27T03:00:52Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210101038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13290
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Sierpinska (dalam Sunardi, 2006) yang menyatakan bahwa jika tingkat sajian bahan pembelajaran sama atau satu tingkat di atas tingkat berpikir siswa maka siswa dapat bekerja lebih baik, karena mereka bekerja dalam zone of proximal development (ZPD) mereka. Salah satu sajian dalam buku teks matematika yang perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa adalah tingkat pertanyaan pada soal, utamanya soal geometri. Salah satu teori yang mempertimbangkan tingkat berpikir siswa dalam geometri ialah teori van Hiele. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan tujuan untuk menentukan persentase banyaknya pertanyaan geometri untuk masing-masing tingkatan van Hiele, dan untuk menentukan persentase banyaknya pertanyaan geometri untuk masing-masing deskriptor dalam buku teks matematika SMP kelas VII berdasarkan tingkatan van Hiele. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan geometri ke dalam tingkatan pertanyaan visualisasi, analisis, deduksi informal, atau deduksi berdasarkan tingkatan van Hiele. Sumber penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VII terbitan Esis dan terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, level pertanyaan geometri dalam buku teks matematika SMP terbitan Esis pada tahun 2007 berjudul Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII, yang disusun oleh Tatag Yuli E.S dan Netti Lastiningsih adalah 9% tingkat visualisasi (V); 81,31% tingkat analisis (A); 8,47% tingkat deduksi informal (DI); 0% tingkat deduksi dan 1,21% pertanyaan yang bukan termasuk viii tingkatan van Hiele. Pada buku teks matematika SMP berjudul Contextual Teaching and Learning Matematika untuk Kelas VII SMP/MTs Edisi 4, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 dan disusun oleh Atik Wintarti, dkk, persentase tingkatan pertanyaan geometri dari 263 soal yang memuat 598 pertanyaan berdasarkan tingkatan van Hiele adalah 14,88% tingkat visualisasi (V); 75,42% tingkat analisis (A); 8,36% tingkat deduksi informal (DI); 0% tingkat deduksi; dan 1,34% pertanyaan yang bukan termasuk tingkatan van Hiele. Kedua buku teks tersebut sama-sama didominasi oleh banyaknya pertanyaan geometri yang berlevel analisis dan tidak memiliki pertanyaan geometri yang berlevel deduksi. Persentase deskriptor untuk masing-masing tingkatan van Hiele yang terdapat pada 578 pertanyaan dalam buku teks matematika terbitan Esis adalah 3,85% (deskriptor 1.a); 0,88% (deskriptor 1.c); 0,35% (deskriptor 2); 1,4% (deskriptor 3); 2,63% (deskriptor 6); 11,56% (deskriptor 1); 4,38% (deskriptor 2); 2,1% (deskriptor 3.a); 14,7% (deskriptor 4.a); 19,97% (deskriptor 4.b); 0,35% (deskriptor 5); 4,03% (deskriptor 6.b); 25,22% (deskriptor 9); 1,58% (deskriptor 1.c); 0,53% (deskriptor 2.a); 1,93% (deskriptor 2.b); 1,23% (deskriptor 2.d); 0,18% (deskriptor 5); 3,15% (deskriptor 6). Adapun persentase deskriptor untuk masing-masing tingkatan van Hiele yang terdapat pada 598 pertanyaan pada BSE adalah 5,08% (deskriptor 1.a); 0,17% (deskriptor 1.b); 0,68% (deskriptor 2); 1,69% (deskriptor 3); 7,46% (deskriptor 6); 5,25% (deskriptor 1); 23,2% (deskriptor 2); 2,71% (deskriptor 3.a); 0,33% (deskritor 3.b); 12% (deskriptor 4.a); 14,41% (deskriptor 4.b); 5,25% (deskriptor 6.b); 13,2% (deskriptor 9); 0,33% (deskriptor 1.a); 0,17% (deskriptor 1.c); 4,58% (deskriptor 2.b); 1,36% (deskriptor 2.d); 0,33% (deskriptor 2.e); 1,02% (deskriptor 3.b); 0,68% (deskriptor 6). Pada buku Esis, terjadi penumpukan soal pada deskriptor 4.b yang terdiri dari 114 pertanyaan dan pada deskriptor 9 yang terdiri dari 144 pertanyaan. Sedangkan pada BSE, penumpukan soal terjadi pada deskriptor 2 yang terdiri dari 137 pertanyaan. Seharusnya pertanyaan-pertanyaan tersebut masuk ke dalam masing-masing deskriptor secara berimbang agar terjadi ragam kegiatan pembelajaran pada siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101038;
dc.subjectAnalisis Level Pertanyaan Geometrien_US
dc.title“Analisis Level Pertanyaan Geometri Berdasarkan Tingkatan van Hiele pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record