Show simple item record

dc.contributor.authorDyna Probo Mukti
dc.date.accessioned2013-12-27T02:50:01Z
dc.date.available2013-12-27T02:50:01Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210191014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13270
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas VII SMP Negeri Satu Atap Tanggul, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yakni kesalahan penggunaan teorema, kesalahan penggunaan data, kesalahan teknik dan kesalahan lain. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMP tersebut adalah metode ceramah. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah pembelajaran yang mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa yang anggotanya heterogen dari segi kemampuan akademik dan jenis kelamin. Dalam pembelajaran ini menggunakan STAD, dimana siswa melakukan pembelajaran kooperatif model STAD yang terdiri dari 5 tahap pembelajaran yaitu penyajian materi, tim/kelompok, kuis/tes, skor individual dan penghargaan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas, penurunan persentase kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada sub pokok bahasan aritmatika sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas siswa kelas VII B SMP Negeri Satu Atap Tanggul yang berjumlah 35 siswa. Penetapan kelas ini didasarkan pada hasil diskusi dan pertimbangan guru bidang studi matematika kelas VII bahwa kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan yang heterogen serta masih seringnya siswa kelas VII B melakukan kesalahan. Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. viii Proses penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi berlanjut. Pada awal pembelajaran dilaksanakan, guru menjelaskan/ mempresentasikan tentang materi yang akan dipelajari. Selanjutnya siswa dibagi kedalam kelompok berdasarkan daftar yang telah disusun. Guru membagikan LKS pada setiap kelompok dan mendiskusikannya. Selama kegiatan ini berlangsung, guru memberikan bimbingan dan menjadi fasilitator bagi kelompok yang mengalami kesulitan. Setelah LKS selesai, yang selanjutnya dilakukan adalah guru menyuruh perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari pengerjaan LKS. Selanjutnya siswa diberi tes individu (kuis) untuk mengetahui hasil belajarnya. Kemudian kelompok yang terbaik (memperoleh skor tertinggi) akan diberikan penghargaan. Siswa mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan keberadaan LKS yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dan diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis data persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2 yakni dari 62,85% (termasuk dalam kriteria cukup aktif) sampai 84,19% (termasuk dalam kriteria sangat aktif). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data mengenai persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa, baik pada kuis dan tes akhir siklus juga diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang selama ini dilakukan oleh siswa kelas VII B di SMP Negeri Satu Atap Tanggul dapat diatasi. Pada kuis 1 rata-rata sebesar 50,85%, kuis 2 rata-rata sebesar 41,78%, kuis 3 rata-rata sebesar 37,49%, kuis 4 rata-rata sebesar 24,28%, tes akhir 1 43,03%, dan tes akhir 2 23,92%. Berdasarkan hasil wawancara bahwa yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan terbanyak adalah siswa kurang memahami konsep materi, terburu-buru, kurang berkonsentrasi, kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang memahami teknik berhitung matematika dan kurang teliti dalam memasukkan data yang ada pada soal untuk diselesaikan akibatnya hasil akhir pada pekerjaan siswa tidak tepat dan siswa cenderung putus asa sebelum berusaha mengerjakan soal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191014;
dc.subjectTipe Student Teams Achievement Divisionsen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri Satu Atap Tanggul Kelas VII B Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record