Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Akarudin
dc.date.accessioned2013-12-24T03:51:36Z
dc.date.available2013-12-24T03:51:36Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12166
dc.description.abstractModel pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) termasuk dalam pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran TAI, siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil (4 sampai 5 siswa) yang heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru, selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1)bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); 2)bagaimanakah aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); 3)bagaimanakah ketuntasan belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Pengumpulan data ini dilakukan di SMP Negeri 1 Grujugan Bondowoso pada tanggal 11 januari 2011 sampai dengan 24 januari 2011. Responden dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII-A semester genap SMP Negeri 1 Grujugan Bondowoso tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode tes, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain siswa pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)., masing-masing aktivitas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan peningkatan aktivitas tertinggi pada aktivitas menuliskan penyelesaian soal dalam LKS. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mendapat respon positif dari siswa walaupun masih ada siswa xi yang kurang aktif. Persentase aktivitas siswa secara klasikal diperoleh sebesar 83,33% berada pada kategori sangat aktif sedangkan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 83,33%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101331;
dc.subjectTeam Assisted Individualizationen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Grujugan Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record