Show simple item record

dc.contributor.authorNINIK DWI NUR S
dc.date.accessioned2013-12-24T03:40:11Z
dc.date.available2013-12-24T03:40:11Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12130
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 8 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas operasi penjumlahan dan pengurangan aljabar, pembelajaran 2 membahas operasi perkalian aljabar dan tes siklus 1 berisi tentang materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian aljabar. Siklus II juga terdiri dari dua pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 3 membahas operasi pembagian aljabar, pembelajaran 4 membahas operasi perpangkatan aljabar dan tes siklus II berisi tentang materi pembagian dan perpangkatan aljabar. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam memberikan penguatan adalah 80% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Persentase tersebut menunjukkan penguatan yang diberikan guru sudah optimal. Aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT adalah 88,35% pada siklus I menjadi 91,65% pada siklus II. Aktivitas siswa yang diamati terdiri dari memperhatikan penjelasan guru atau teman, partisipasi dalam mengerjakan LKS, bertanya antara guru atau teman, dan menyampaikan pendapat/ide. Aktivitas ini meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II. Aktivitas kelompok yang yang diamati terdiri dari kerjasama mengerjakan LKS, menanggapi penjelasan presentator, dan presentasi. Hasil analisisnya yaitu 51,9% pada siklus I menjadi 60,9% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan dengan persentase 40,6% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan dengan persentase 75%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama menggunakan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101015;
dc.subjectNHT, Operasi Hitung Bentuk Aljabaren_US
dc.titleIMPLEMENTASI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIIB SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record