Model Pembelajaran Mandiri TOEFL Dengan Panduan Program Animasi Untuk Meningkatkan Nilai Peserta Tes
Abstract
TOEFL (Test Of English as A Foreign Language) adalah standar tes kemampuan berbahasa Inggris yang sering digunakan di Indonesia. Tes ini menuntut standar kemampuan berbahasa Inggris yang sangat tinggi, oleh karena itu seringkali orang yang mengikuti tes ini tidak dapat memenuhi standar score yang diinginkan oleh instansi yang menyelenggarakannya. Lebih lanjut seringkali peserta tes tidak
mempunyai waktu yang cukup untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, akibatnya mereka tidak dapat mempersiapkan diri secara maksimal dalam mengikuti tes.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan strategi-strategi yang jitu yang dapat digunakan dalam menjawab soal-soal tes TOEFL agar peserta tes dapat memperoleh score yang tinggi dalam waktu yang terbatas. Strategi ini akan dibuat dalam beberapa modul pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dengan pembahasan berbahasa Indonesia agar mempermudah pembelajar TOEFL memahami komponen yang menjadi materi tes; seperti Listening Comprehension, Structure, dan Reading Comprehension.
Penjelasan-penjelasan ini selanjutnya akan dibuat dengan program animasi multimedia agar dapat lebih mudah dimengerti oleh pembelajar, sehingga dengan waktu yang singkat pembelajar dapat balajar sendiri dimanapun mereka berada.
Penggunaan program animasi multimedia dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar TOEFL, disamping itu penggunaan program ini juga diharpakan untuk lebih menggairahkan pembelajar dalam belajar TOEFL.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah seperangkat CD (Compact Disc) yang memuat modul strategi untuk menjawab soal-soal TOEFL beserta penjelasan dalam bahasa Indonesia, dengan paket program ini nantinya diharapkan calon peserta tes TOEFL dapat belajar sendiri tanpa tutor (Self Directed Learning) dirumah atau di kantor kantor.
Dengan demikian pembelajar akan dapat mengembangkan kemampuan. Penelitian akan dilakukan di 3 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur yaitu ITS,UNIBRAW, dan UNEJ. Sedangkan objek penelitian adalah dosen dan mahasiswa yang belajar Bahasa Inggris untuk persiapan mengikuti tes TOEFL.
Kata Kunci : ---
TOEFL, modul pembelajaran
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]