Show simple item record

dc.contributor.authorIka Rahmi H. I.
dc.date.accessioned2013-12-24T02:53:40Z
dc.date.available2013-12-24T02:53:40Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11994
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran RME, mengetahui aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa ketika pembelajaran RME diterapkan pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala kelas VII B di SMPN 3 Arjasa tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus model Hopkins, yaitu fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 26 November sampai dengan 6 Desember 2012 dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Arjasa. Waktu penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif pada aktivitas guru, siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru mengalami peningkatan, yaitu 80,20% pada siklus I dan 90,62% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,06% dan pada siklus II persentasenya sebesar 75,64%. Untuk ketuntasan belajar dilihat dari ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Ketuntasan belajar secara individu, persentase ketuntasan belajarnya sebesar 46,15% pada siklus I meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal, pada siklus I sebesar 76,92% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pembelajaran RME efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Arjasa pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191020;
dc.subjectRealistic Mathematics Education (RME), Perbandingan Dan Skalaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA DI SMP NEGERI 3 ARJASA KELAS VII B SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record