Show simple item record

dc.contributor.authorPINASTI, Einsy Yustisia
dc.date.accessioned2023-12-17T21:57:18Z
dc.date.available2023-12-17T21:57:18Z
dc.date.issued2023-09-04
dc.identifier.nim190210402021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119166
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 18 Desember 2023en_US
dc.description.abstractKarya sastra merupakan ungkapan perasaan dan pikiran pengarang yang dituangkan dalam bentuk tulis maupun lisan. Ungkapan ekspresi pengarang dalam karya sastra didasari oleh kenyataan sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Hal itu bermaksud memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai kenyataan sosial yang ada di masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra yang menggambarkan kehidupan sosial di masyarakat adalah novel. Novel merupakan prosa fiksi yang menceritakan suatu peristiwa dengan ditandai oleh perubahan nasib tokoh di dalamnya dan memuat berbagai gambaran kenyataan sosial di masyarakat. Gambaran kenyataan sosial di dalam novel dimaksudkan agar pembaca dapat memahami kehidupan masyarakat dan dapat mengambil manfaat berupa nilai-nilai moral yang terdapat dalam cerita novel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral manusia terhadap Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial, nilai moral manusia terhadap diri sendiri yang terkandung dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye, serta pemanfaatan hasil penelitian nilai moral tersebut sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-interpretatif. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik yang menekankan pada kegunaan karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan atau pesan pengarang kepada pembaca. Hasil dan pembahasan penelitian ini berupa deskripsi nilai moral manusia terhadap Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial, dan nilai moral manusia terhadap diri sendiri dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye serta pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII pada KD 3.8 menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca. Nilai moral manusia terhadap Tuhan yang termuat dalam novel Si Anak Savana ditunjukkan dalam sikap tauhid kepada Tuhan. Nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial ditunjukkan oleh sikap mengupayakan kesejahteraan, menghormati orang lain, tidak menyakiti orang lain, mewujudkan tujuan bersama, serta tidak melakukan manipulasi. Nilai moral manusia terhadap diri sendiri ditunjukkan dengan kebebasan berprinsip dan mengembangkan potensi diri. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengarang menggunakan karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral kepada pembaca. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya nilai-nilai moral berupa nilai moral manusia terhadap Tuhan, nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial, dan nilai moral manusia terhadap diri sendiri di dalam novel Si Anak Savana. Temuan nilai moral manusia terhadap Tuhan menunjukkan bahwa terdapat spirit Islam di dalamnya, yang berarti novel tersebut memuat nilai dan ajaran yang terdapat dalam kepercayaan agama Islam. Nilai moral manusia terhadap lingkungan sosial memuat rasa kekeluargaan antarwarga yang begitu erat. Hal itu ditunjukkan oleh sikap-sikap saling membantu tanpa pamrih, saling menghargai, dan merasa memiliki satu sama lain dengan saling mengingatkan kepada hal-hal yang baik. Nilai moral manusia terhadap diri sendiri dalam novel menunjukkan penerapan prinsip-prinsip baik dalam hidup tokoh. Hal itu ditunjukkan oleh kesediaan tokoh untuk senantiasa belajar dan berkembang menjadi lebih baik, Hasil analisis terkait nilai moral dalam novel Si Anak Savana dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA kelas XII pada KD 3.8 menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan literatur dalam menciptakan gagasan baru yang lebih kreatif di masa yang akan datang dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan pengkajian terhadap objek penelitian ini menggunakan teori moral lain yang sesuai untuk menambah informasi terkait kajian nilai moral dalam karya sastra. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat menganalisis kesesuaian alternatif modul dengan materi apresiasi novel dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pendukung guru dalam mengembangkan pembelajaran mengenai teks novel dan nilai moral di sekolah.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. Pembimbing Anggota Siswanto, S.Pd., M.A.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNILAI MORALen_US
dc.subjectALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRAen_US
dc.subjectDIMENSI MORALITAS IMMANUEL KANTen_US
dc.subjectNOVEL SI ANAK SAVANAen_US
dc.subjectTERE LIYEen_US
dc.titleDimensi Moralitas Immanuel Kant dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye: Pendekatan Pragmatik untuk Pembelajaran Sastra di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Siswanto, S.Pd., M.A.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 5 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record