Show simple item record

dc.contributor.authorPURNAMASARI, Putri Juwita
dc.date.accessioned2023-12-06T04:34:30Z
dc.date.available2023-12-06T04:34:30Z
dc.date.issued2023-01-26
dc.identifier.nim17021010386en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118991
dc.description.abstractPermasalahan yang menghambat pencapaian tujuan pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, salah satu upaya yang dapat dilakukan penggunaan media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas X MIPA sebagai sampel, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran problem based learning diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol diteapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan uji Independent Sample t-test dan hasil belajar siswa menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan nilai signifikan (p<0,05) untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa SMA. Kata Kunci: kahoot, problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil belajaren_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M.Si Ika Lia Novenda, S.Pd, M.Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKahooten_US
dc.subjectProblem Based learningen_US
dc.subjectHigh Order Thingking Skillen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Kahoot Dengan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Suratno, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Ika Lia Novenda, S.Pd, M.Pden_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record