Show simple item record

dc.contributor.authorSANIYAH, Layyinatuzzahrah
dc.date.accessioned2023-12-04T06:27:57Z
dc.date.available2023-12-04T06:27:57Z
dc.date.issued2023-06-27
dc.identifier.nim190110401040en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118891
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19 Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Desember 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBanyak media yang bisa menjadi tempat untuk membagikan iklan, mulai dari media cetak dan media non cetak. Pada zaman modern ini banyak ide-ide iklan kreatif yang disampaikan salah satunya iklan jasa Gojek. Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan jasa angkutan melalui ojek online. Iklan Gojek yang berjudul GO-JEK Versi Kamu: Kunti adalah salah satu iklan yang menggambarkan kuntilanak sebagai pengguna Gojek. Berdasarkan isi iklan ini, terdapat hiperealitas dimana pengguna Gojek pada umumnya yakni manusia digantikan oleh kuntilanak. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan analisis tekstual secara interpretatif. karena objek materialnya adalah iklan yang merupakan teks visual. Objek material pada penelitian ini adalah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti dan objek formal berupa teori hiperealitas Baudrillard. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer ialah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti yang diakses dari YouTube sedangkan data sekundernya berupa artikel, berita, dan komentar pada kanal youtube maupun media sosial lain yang berkaitan dengan iklan. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kuntilanak dalam iklan GOJEK Versi Kamu: Kunti. Iklan ini menawarkan realitas palsu yang diluar kenyataan, akan tetapi penonton iklan ini menerima pesan ternyata kuntilanak juga memakai aplikasi Gojek. Mise en scène dalam iklan ini merupakan simulacra yang berarti citra material tanpa memiliki subtansi, hanya citra (gambaran) yang kurang menunjukkan sesuatu yang nyata. Kemudian membentuk simulasi realitas kuntilanak dalam iklan ini. Tujuan membentuk hiperealitas dalam iklan ini adalah membangkitkan hasrat untuk mengkonsumsi jasa Gojek dengan sosok kuntilanak yang dekat dengan masyarakat Indonesia dan beredarnya cerita-cerita tukang ojek yang membonceng kuntilanak.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr.Bambang Aris Kartika, S.S., M.A. Dosen Pembimbing anggota : Fajar Aji, S.Sn., M.Sn.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectKajian Hiperealitasen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectMise en scèneen_US
dc.subjectAnalisis Tekstualen_US
dc.titleGo-Jek Versi Kamu: Kunti (Kajian Hiperealitas dalam Iklan Gojek)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTelevisi dan Filmen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Bambang Aris Kartika, S.S., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Aji, S.Sn., M.Sn.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record