Show simple item record

dc.contributor.authorDWI ROBY PRAMONO
dc.date.accessioned2013-12-24T02:07:27Z
dc.date.available2013-12-24T02:07:27Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210101062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11852
dc.description.abstractPenerapan pembelajaran CIRC berbasis pemecahan masalah model Polya pada subpokok bahasan operasi hitung pecahan terlaksana dengan baik dan efektif. Pada Siklus I, persentase aktivitas guru pada pembelajaran pertama 76,9% dan 87,25% pada pembelajaran kedua. Sedang persentase aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat dari 62,5% menjadi 79,17%; bekerja sama meningkat dari 79,16% menjadi 85,83%; memahami masalah meningkat dari 76,67% menjadi 87,5%; menyusun rencana meningkat dari 55,83% menjadi 71,67%; melaksanakan rencana 89,17% menurun menjadi 86,67%; memeriksa ulang jawaban meningkat dari 57,5% menjadi 62,5%, dan presentasi kelompok 37,5% menurun menjadi 36,67%. Sedang ditinjau dari hasil belajar siswa, ketuntasan belajar secara klasikal pada Siklus I yaitu 72,5%. Pada Siklus II, aktivitas guru dalam pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase 94,87%. Aktivitas siswa meningkat dibandingkan pembelajaran pada Siklus I. Persentase aktivitas mengemukakan pendapat 81,67%; bekerja sama 86,67%; memahami masalah 88,33%; menyusun rencana 75%; melaksanakan rencana 87,5%; memeriksa ulang jawaban 70%, dan presentasi kelompok 41,67%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada Siklus II yaitu 82,5%. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran dengan model CIRC berbasis pemecahan masalah model Polya dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101062;
dc.subjectCIRC, Model Polya, Hitung Pecahanen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBPOKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VII-D SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record