Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Ayu
dc.date.accessioned2023-08-07T03:28:33Z
dc.date.available2023-08-07T03:28:33Z
dc.date.issued2023-05-12
dc.identifier.nim170910201012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117473
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Peningkatan Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan melalui Program “Takmodali” (Tekad Memberikan Kemudahan Dalam Layanan Izin) di DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Gresik. Untuk pelayanan publik di Indonesia masih jauh dari memuaskan. Sementara itu, perubahan iklim usaha di suatu daerah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain keamanan dan ketertiban, kemudahan perizinan, peraturan daerah yang mendukung, dan pengenaan pajak daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan perizinan. Oleh karena itu, kemunculan teknologi sangat diharapkan untuk pelayanan yang lebih cepat. Takmodali merupakan inovasi baru dalam perkembangan teknologi yang dimiliki oleh kantor Kabupaten Gresik. Secara khusus, DPMPTSP (Pelayanan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Nomor 188/18.1/415/2019 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Perizinan Bangunan Gedung Melalui Takmodali. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertempat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini, penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan pada penelitian ini adalah pegawai DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Gresik yaitu kepala dinas, subbag umum dan kepegawaian, subbag program dan pelaporan, kepala bidang pelayanan perizinan tata ruang, seksi pelayanan perizinan bangunan, kepala bidang pengendalian pelaksanaan penanaman modal, seksi pengendalian pelaksanaan perizinan tata ruang, lingkungan, dan bangunan, dan kepala seksi pengolahan data dan informasi DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix penanaman modal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini sebagai berikut. telaah pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisisnya sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pelayanan perizinan berusaha melalui Takmodali pada DPMPTSP Kabupaten Gresik adalah menggunakan indikator peningkatan pelayanan publik De Vreye yaitu self esteem (harga diri), exed expectation (memenuhi harapan), recovery (pembenahan),vision (pandangan kedepan), improve (perbaikan), care (perhatian), dan empower (pemberdayaan). Pada indikator self esteem (harga diri) Dinas DPMSPTSP Kabupaten Gresik sudah cukup baik yang dapat dinilai dari pembagian jobdesk pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlihannya, memberikan pelatihan berupa seminar dan work shop untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam pemanfaatan kemajuan teknologi sistem TAKMODALI. Pada indikator exceed expedation (memenuhi harapan) sudah cukup baik yang dapat dinilai dari peneysuaian standar pelayanan yang sesuai dengan SOP dan pelayanan yang dilakukan dengan cepat dan tepat dengan proses 1-2 hari kerja setelah pengajuan. Indikator recovery (pembenahan) kurang baik, dikarenakan pada elemen pengaduan masyarakat tidak berjalan maksimal dan sarana prasarana dalam penyampaian pengaduan yang kurang dan antusias masyarakat dalam memberikan pengaduan atau masukan juga kurang. Pada indikator vision (pandangan kedepan) sudah cukup baik yang dapat dinilai dari pemanfaatan sistem TAKMODALI yang menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien karena sistem ini berbasis online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Pada indikator improve (perbaikan) sudah cukup baik dikarenakan selalu ada perbaikan-perbaikan pelayanan publik dalam mengajukan perizinan seperti semua pengajuan sudah dilakukan secara online semua mulai pendaftaran hingga pembayaran. Pada indikator care (perhatian) sudah cukup baik dalam penilaian menjaga kualitas, memuaskan pelanggan dan menerapkan standart kerja yang sesuai. Dinas juga menyediakan fasilitas datang langsung ke kantor bagi masyarakat yang mengajukan perizinan namun terbatas dengan cara penggunaan teknologi. Pada indikator DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER x empower (pemberdayaan) sudah cukup baik yang mengacu pada pemberdayaan karyawan dengan cara memberikan penghargaan kepada pegawai baik secara individu atau kelompok atas kinerja yang baik, melaksanakan kegiatan evaluasi kerja 1-2 bulan sekali untuk melihat pencapaian kerja yang sudah terpenuhi atau yang membutuhkan perbaikan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Agus Suharsono, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectStrategi Peningkatan Pelayananen_US
dc.subjectPerizinan Mendirikan Bangunanen_US
dc.subjectProgram “TAKMODALI” (Tekad Memberikan Kemudahan Dalam Layanan Izin)en_US
dc.subjectDinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)en_US
dc.titleStrategi Peningkatan Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Melalui Program “TAKMODALI” (Tekad Memberikan Kemudahan dalam Layanan Izin) (Studi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAdministrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Agus Suharsono, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 2 Agustus 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record