Show simple item record

dc.contributor.authorLiza Laras Ayuningtyas
dc.date.accessioned2013-12-20T16:03:06Z
dc.date.available2013-12-20T16:03:06Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210302107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11696
dc.description.abstractPendidikan merupakan tanggung jawab bersama setiap warga negara. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses pendewasaan dan pemandirian siswa. Peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat tercipta melalui suatu proses pembelajaran yang interaktif atau timbal balik antara guru dengan siswa dan juga siswa dengan siswa yang lainnya. Kualitas dari suatu pembelajaran dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi dan metode yang benar dalam pembelajaran. Strategi inquiri merupakan salah satu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Strategi inquiri digunakan dalam pembelajaran untuk membentuk keaktifan siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi inquiri pada materi tentang proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lape, kabupaten Sumbawa Proponsi NTB tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah: mengkaji pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi inquiri pada materi tentang proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lape, kabupaten Sumbawa Proponsi NTB tahun ajaran 2011/2012. Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi siswa, agar lebih termotifasi untuk meningkatkan kreatifitas berfikir dalam pembelajaran bidang studi Sejarah; (2) Bagi guru, terutama guru Sejarah sebagai masukan dalam memberikan alternatif untuk memilih strategi yang sesuai, dan untuk perbaikan proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat; (3) Bagi peneliti, sebagai masukan dan wawasan dalam menambah serta mengembangkan pengalaman dalam bidang pendidikan, khususnya bidang studi Sejarah, dan dapat dijadikan dasar pijakan oleh sejumlah profesi pengajar nantinya; (4) Bagi lembaga pendidikan dan sekolah terkait, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran demi peningkatan mutu pendidikan, khususnya perbaikan pembelajaran dalam bidang studi Sejarah; (5) Bagi peneliti lain, sebagai referensi dalam kegiatan penelitian dengan kasus sejenis. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji permasalahan yaitu kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan sumber yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil secara garis besar dalam penelitian ini adalah bahwasannya dengan menggunakan strategi inquiri dalam pembelajaran sejarah pada materi tentang “proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia” dapat meningkan keaktifan siswa yangmana pada akhirnya berdampak baik pada hasil belajar siswa baik pada siklus I maupun pada siklus II. Penulis menyarankan agar disediakan kelas khusus untuk strategi inquiri dan pembelajaran menggunakan strategi inquiri harus dipersiapkan secara matang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302107;
dc.subjectStrategi Inquiri dalam Pembelajaran Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 LAPE KABUPATEN SUMBAWA PROPINSI NTB TAHUN AJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record