Show simple item record

dc.contributor.authorSANIAH, Fida Lafatus
dc.date.accessioned2023-05-26T02:03:06Z
dc.date.available2023-05-26T02:03:06Z
dc.date.issued2023-01-18
dc.identifier.nim180210302020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116512
dc.description.abstractKurikulum merdeka belajar memberikan keluluasaan untuk dapat mengembangkan bahan ajar yang suppot dengan satuan pendidikan, karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran. Pembuatan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik merupakan salah satu hal penting untuk menciptakan keterampilan berfikir, dan keragaman pendidikan peserta didik. Berdasarkan data lapangan yang diambil melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi di SMA Negeri 1 Genteng, SMA Negeri 1 Gambiran, dan SMA Negeri 1 Glenmore terdapat suatu permasalahan yaitu: (1) pendidik mengembangkan bahan ajar konvensional; (2) sumber belajar yang digunakan sebagian besar berupa LKS dan buku paket, sehingga pada kenyataanya peserta didik membutuhkan bahan ajar yang berbasis teknologi; (3) metode pembelajaran sebagian besar masih menggunakan K13; (4) hasil angket karakteristik peserta didik dapat ditarik kesimpulan bahwa 27,2% peserta didik yang mampu memberikan penjelasan mengenai materi kehidupan awal manusia Indonesia dalam aspek kepercayaan, sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi serta pengaruhnya terhadap kehidupan masa kini, 72,8% peserta didik lainya hanya mampu menjelaskan materi pada aspek kepercayaan saja. Sehingga untuk dapat mengatasi masalah tersebut perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa elektronik modul adaptif berbasis canva menggunakan model ASSURE sebagai salah satu sumber bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Berdasar pada realita dan data lapangan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hasil validasi ahli terhadap e-modul adaptif pembelajaran sejarah berbasis canva menggunakan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA? dan (2) Bagaimanakah e-modul adaptif berbasis canva dengan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dapat meningkatkan efektivitas belajar peserta didik? Tujuan penelitian pengembangan ini antara lain; (1) menghasilkan produk E-modul adaptif berbasis canva dengan menggunakan model ASSURE pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA yang telah tervalidasi ahli materi, bahasa, dan desain; (2) meningkatkan efektivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model ASSURE karena berorientasi terhadap teknologi yang memiliki daya adaptif untuk dapat memudahkan peserta didik dalam pembelajaran. E-modul adaptif berbasis canva dengan menggunakan model ASSURE telah tervalidasi ahli (1) validasi bidang studi sebesar 94,4% dengan kualifikasi “sangat baik”; (2) validasi ahli bahasa sebesar 86 % dengan kualifikasi “sangat baik”; dan (3) validasi ahli desain pembelajaran sebesar 93,3% dengan kualifikasi “sangat baik”. Selain validasi ahli, e-modul adaptif telah melalui tahap uji coba pengguna pendidik dengan mendapatkan persentase sebesar 92% dengan kualifikasi “sangat baik”. Hasil uji coba produk e-modul pada kelompok kecil dengan melibatkan 9 peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pre test sebesar 44,44 (Std. Deviasi =6,14) dan nilai pos test sebesar 85, 78 (Std. Deviasi=5,69). Pada uji coba kelompok besar dengan melibatkan 36 peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pre test sebesar 46,00 (Std. Deviasi =6,16) dan post test sebesar 86,56 (Std. Deviasi=5,25). Uji efektivitas e-modul menunjukkan persentase sebesar 0,97 dengan kualifikasi “Large Effect”. Berdasarkan pemaparan yang telah dijelaskan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) E-modul adaptif berbasis canva dengan menggunakan model ASSURE sudah tervalidasi ahli sehinggga layak untuk digunakan; (2) E-modul adaptif berbasis canva dengan menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan efektivitas belajar peserta didik. Saran-saran yang dapat digunakan dalam pemanfaatan e-modul adaptif yakni (1) proses pembelajaran sejarah diharapkan menggunakan sumber belajar yang menarik dengan menggunakan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21; (2) peserta didik secara mandiri mampu menggunakan elektronik modul adaptif berbasis canva tanpa bantuan langsung dari pendidik.en_US
dc.publisherFaculty of Teacher Training and Educationen_US
dc.subjectElektronik modul, pembelajaran adaptif, pembelajaran teknologi, pembelajaran sejarahen_US
dc.titlePengembangan E-modul Adaptif Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model Assureen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 26 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record