Pendampingan Kebiasaan Baru Siswa SD Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar dari Rumah
Abstract
Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
merupakan satu dari sekian banyak lokasi di Indonesia yang terdampak COVID19 terlebih pada dunia pendidikan yang mengakibatkan seluruh kegiatan belajar
mengajar di sekolah dihentikan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan.
Sistem pembelajaran dirumah membuat siswa merasa kesulitan karena siswa
dituntut untuk belajar sendiri tanpa adanya bimbingan. Hal ini merupakan
tujuan diadakannya pembinaan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Metode
pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan termasuk
perencanaan (indentifikasi kesulitan siswa), implementasi (pembuatan materi,
praktek aplikasi pembelajaran) dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah; 1)
siswa memberikan respon positif pada kegiatan ini dan merasa terbantu dalam
mendukung pembelajaran dirumah; 2) siswa menjadi lebih senang dengan sistem
belajar yang baru dan lebih menyenangkan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7263]