Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIASIH, Enggar
dc.date.accessioned2023-03-27T03:45:28Z
dc.date.available2023-03-27T03:45:28Z
dc.date.issued2022-09
dc.identifier.nim180210204213en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113556
dc.description.abstractPembelajaran matematika yang dikenalkan peserta didik masih menggunakan metode ceramah dan peserta didik diminta untuk menghafalkan rumus, tanpa diberi penjelasan asal serta kegunaannya di kehidupan sehari-hari. Peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam memahami contoh penerapan matematika di kehidupan sehari-hari, oleh karena itu perlu adanya kegiatan yang menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Etnomatematika merupakan metode yang dapat digunakan untuk menjelaskan realitas hubungan antara budaya yang ada dilingkungan dan matematika sebagai rumpun pengetahuan. Salah satu warisan budaya yang mengandung unsur matematika adalah batik. Batik Solo Motif Parang merupakan salah satu batik dari Surakarta yang memiliki arti semangat dan pantang menyerah, seperti ombak yang tidak pernah putus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan etnomatematika Batik Solo Motif Parang pada kajian geometri. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di Museum Batik Danar Hadi Surakarta. Fokus dari penelitian ini pada konsep geometri yang ada di Batik Solo Motif Parang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, konsep geometri yang ada pada Motif Parang yaitu, konsep titik terlihat pada bagian sulur dan alis-alisan. Konsep garis pada bagian bagongan dan curigo/keris. Konsep sudut pada bagian mlinjon dan alis-alisan. Konsep bangun datar segitiga pada bagian sulur dan uceng, lingkaran pada bagian mata gareng, belah ketupat pada bagian mlinjon, dan jajargenjang pada bagian bagongan. Konsep transformasi geometri yang ada pada Batik Solo Motif Parang, yaitu konsep translasi, konsep rotasi, dan konsep dilen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectBATIK SOLOen_US
dc.subjectKAJIAN GEOMETRIen_US
dc.titleEksplorasi Etnomatematika Batik Solo Motif Parang pada Kajian Geometrien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record