dc.description.abstract | ParadiGma Asia adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang Event
Organizer yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. ParadiGma Asia hadir
sebagai perusahaan Event Organizer pada tanggal 28 Maret 2011 di Kota
Surabaya oleh Bagus Murtiaji sebagai founder dan owner. ParadiGma Asia
melakukan strategi tersendiri melihat perubahan secara global yang cepat
sehingga perlu ada inovasi sebuah ide. Dimana di CV. ParadiGma Asia memiliki
empat nilai lambang perusahaan yaitu globally, creative, profesional dan quality.
Keempat nilai tersebut yang menjadi landasan dalam mengelola sebuah event.
Selain empat nilai tersebut, ParadiGma Asia event juga memperhatikan pelayanan
sebagai prioritas utama dalam melayani pelanggan. Sehingga walaupun dalam
keadaan pandemi pelayanan yang ditawarkan kini menggunakan sistem
komunikasi dapat melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan Email.
Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan CV. ParadiGma
Asia event dengan konsep berikut keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian,
dan bukti fisik Tjiptoino (2009).
Salah satu bentuk pelayanan jasa dalam event organizer dapat diwujudkan
melalui pelayanan jasa yang ditawarkan dan dibutuhkan client untuk sebuah acara
dengan tujuan mempromosikan merek, produk, atau jasa. Pelayanan jasa melalui
media sosial pada CV. ParadiGma Asia tersedianya fasilitas untuk mendukung
proses pelayanan seperti perlengkapan, teknis, dan saluran-saluran promosi serta
jasa yang ditawarkan kepada client. Semakin terkenal suatu merek atau brand
maka semakin mudah diterima oleh konsumen. Ada beragam akses untuk para
calon konsumen agar dapat melihat penawaran jasa atau pelayanan jasa, seperti
melalui website, blog, dan media sosial (Instagram, Whatsapp, Email). Berikut data statistika media sosial Youtube 93.8%, Whatsapp 87.7%, Instagram 86.6%,
Facebook 85.5%, Twitter 63.6% (Kompas, 2021).
Pelayanan jasa pada CV. ParadiGma Asia memiliki proses dan tahapan
dalam mengerjakan berbagai macam pelayanan jasa diantaranya melalui media
sosial untuk mengkomunikasikan kebutuhan maupun permintaan dari client Grab
Indonesia menggunakan Whatsapp meliputi pemasangan shopblind, promosi
melalui media sosial Instagram, iklan radio serta pemasangan billboard. Tahap
awal dalam pelaksanaan yakni berupa penawaran produk jasa kepada client serta
mengetahui kebutuhan dan permintaan dari client, diperlukan kesiapan dari event
organizer dalam mengerjakan project dari client. Tahap kedua pencarian data
yang dibutuhkan client, menghubungi influencer maupun vendor melalui
Whatsapp dan Instagram. Apabila sudah mendapatkan data yang dibutuhkan
client maka akan koordinasi dengan client Grab terlebih dahulu terkait ketentuan
yang diinginkan. Tahap ketiga melakukan koordinasi melalui Whatsapp dengan
vendor maupun influencer yang terlibat memberikan briefing yang sudah
ditentukan oleh pihak Grab, apabila sudah sesuai dengan tujuan client maka
promosi dapat dilakukan melalui media sosial berupa Instagram, radio, shopblind
maupun billboard. Tahap terakhir melakukan pembayaran kepada vendor maupun
influencer | en_US |