Pengelolaan Pembelajaran Daring Kelompok Belajar Paket C di Pkbm Nurul Huda Kabupaten Jember
Abstract
Terbatasnya kemampuan warga belajar dalam mengakses teknologi penunjang pembelajaran daring berdampak pada pengelolaan pembelajaran daring paket C di PKBM Nurul Huda yang menjadi kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran daring paket C pada pembelajaran daring pada aspek 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan dan 5) penilaian. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan kebutuhan penelitian dengan teknik purposive area yaitu di PKBM Nurul Huda Kabupaten Jember menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan penggalian data di lapangan dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang diuji keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi, kemudian dianalisis guna memperoleh data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan dan pengorganisasian dalam pengelolaan pembelajaran di PKBM Nurul Huda belum terlaksana sesuai pedoman. Pada tahap pelaksanaan, pengawasan, serta penilaian telah sesuai dengan pedoman, meskipun perlu peningkatan pada beberapa tahapannya.