Show simple item record

dc.contributor.authorAINI, Sholihatul
dc.date.accessioned2023-03-17T08:57:16Z
dc.date.available2023-03-17T08:57:16Z
dc.date.issued2023-01-13
dc.identifier.nim180210204263en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113020
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractSelf-efficacy adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, karena berkaitan dengan keyakinan terhadap kemampuan dirinya sendiri dalam memecahkan permasalahan, serta hambatan yang muncul pada saat belajar maupun dalam menggapai cita-citnya. Siswa dengan self-efficacy tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang baik dan memuaskan, dibandingkan siswa dengan selfefficacy yang rendah. Hal tersebut disebabkan adanya keyakinan dalam diri siswa terhadap kemampuan dan kesanggupan dirinya, untuk mengerjakan tugas yang mudah maupun sulit serta mengahadapi tantangan yang ada. Hasil belajar dan kegiatan pembelajaran adalah dua hal yang saling berhubungan, sehingga peran self-efficacy dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan dan terutamanya dalam pembelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut disebabkan, karena matematika masih dipandang sebagai mata pelajaran yang sukar dan menakutkan. Setiap siswa pada dasarnya memiliki kemampuan untuk mempelajari pelajaran matematika, namun karakteristik matematika dengan konsep-konsep abstrak dan terstruktur membuat siswa merasa sulit dalam memahami pelajaran matematika. Hal tersebut menyebabkan penurunan tingkat rasa percaya diri terhadap kemampuanya, yang mana dapat berdampak terhadap kualitas hasil belajar siswa. Permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Mayangan 03 Jember, yaitu siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika kurang bersemangat. Siswa merasa takut ketika mengerjakan tugas maupun pekerjaan rumah yang sukar, merasa malu ketika diminta untuk maju mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan siswa selalu membutuhkan dorongan dari guru terlebih dahulu, untuk aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Selain itu, mereka juga masih melihat hasil pekerjaan temannya ketika mengerjakan tugas. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian “Hubungan antara self-efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Mayangan 03 Jember”. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Mayangan 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/ 2023. Populasi yang digunakan berjumlah 28 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampel jenuh. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 buah instrumen, yaitu wawancara, angket, dan tes. Data yang sudah dikumpulkan dalam penelitian, dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil analisis dalam penelitian ini menujukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Mayangan 03 Jember. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat disampaikan bagi guru, yaitu diharapkan adanya perhatian dan bantuan untuk menumbuhkan atau meningkatkan efikasi diri, karena pada hakikatnya tidak semua siswa memiliki rasa percaya diri yang kuat terhadap kemampuan dirinya. Selain itu, saran juga disampaikan bagi peneliti yang hendak melakukan penelitian sejenis, diharapkan dapat mengungkapkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar. Baik hasil belajar matematika maupun hasil belajar lainnya. Hal tersebut disebabkan dalam penelitian ini hanya fokus dan menekankan pada hubungan antara selfefficacy dengan hasil belajar matematika.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Nuriman, Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSELF-EFFICACYen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR MATEMATIKAen_US
dc.titleHubungan Antara Self-efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Mayangan 03 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M,Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-10 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record