dc.contributor.author | DIANA, Nur Lubna | |
dc.date.accessioned | 2023-03-17T08:51:22Z | |
dc.date.available | 2023-03-17T08:51:22Z | |
dc.date.issued | 2022-11-15 | |
dc.identifier.nim | 180210302086 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113016 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu komponen penting dalam
tujuan pembelajaran dan keterampilan yang perlu dikembangkan pada mata
pelajaran sejarah di abad ke-21. Tantangan abad 21 diharapkan dapat terjawab
dengan inovasi model pembelajaran yakni Project Based Learning. Kelebihan
model Porject Based Learning memungkinkan peserta didik untuk merealisasikan
proyek konkret dengan mengembangkan kreativitasnya dan memainkan gaya
belajarnya sendiri. Model Project Based Learning mengembangkan kemampuan
berpikir siswa, memungkinkan peserta didik memiliki kreativitas, mendorong
mereka untuk bekerja sama, dan mengarahkan peserta didik untuk mengakses
informasi sendiri dan mendemonstrasikan informasi tersebut. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini antara lain : 1) Apakah terdapat pengaruh penerapan
model Pjbl berbantuan media Prezi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta
didik pada mata pelajaran sejarah?; 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan
model Pjbl berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik
pada mata pelajaran Sejarah?.
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebutkan, maka tujuan dari
penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk memverifikasi pengaruh penerapan model
pembelajaran Pjbl berbantuan media Prezi terhadap kemampuan berpikir kreatif
pada mata pelajaran sejarah; 2) Untuk memverifikasi pengaruh penerapan model
pembelajaran Pjbl berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar kognitif peserta
didik pada mata pelajaran sejarah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan
masukan baru dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan, sehingga
diharapkan dapat membantu pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran
serta dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Desain penelitian ini adalah quaasi eksperimental dengan menggunakan Pretset-Posttest
Non-Equivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas XII IPS di SMAN 1 Paiton. Metode pengumpulan data menggunakan
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Ancova dengan
bantuan SPSS versi 26 for windows.
Hasil penelitian dari penelitian ini adalah (1) hasil data menghasilkan 0.00
(sig. < 0.05) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan Project Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kreatif peserta didik mata pelajaran sejarah, besarnya
pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat
pada nilai Partial Eta Squared pada kolom model pembelajaran dengan nilai
0.141 dengan tergolong ada pengaruh yang Kecil. (2) hasil data menghasilkan
0.002 (sig. < 0.05) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang dapat disimpulkan
terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Project Based Learning terhadap
hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah, besarnya pengaruh model
pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat pada nilai Partial
Eta Squared pada kolom model pembelajaran dengan nilai 0.189 dengan
tergolong ada pengaruh yang Kecil. Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh
yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan hasil
belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model PJBL (Project Based
Learning). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik yang
dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning lebih baik dari peserta
didik yang dibelajarkan menggunakan model Discovery Learning. Rekomendasi
penelitian ini diharapkan selain keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar
maka perlu diteliti mengenai model Project Based Learning dengan keterampilan
abad ke-21 lainnya yang berguna dimasa depan. Selain itu diharapkan dapat
mengembangkan dari baik dari segi ruang lingkup materi, integrasi dengan media
lain, maupun penerapan dalam wujud penelitian yang lebih variatif. Sehingga,
penelitian mengenai model Project Based Learning dapat terus berkembang dan
mengalami kebaruan dan dapat bermanfaat bagi pembelajaran sejarah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Sumardi, M.Hum.
Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Nurul Umamah, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PROJECT BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | MEDIA PREZI | en_US |
dc.subject | PELAJARAN SEJARAH | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. SUMARDI, M.Hum | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. NURUL UMAMAH, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-3 Januari 2023 | en_US |