Show simple item record

dc.contributor.authorNANDASARI, Savira Putri
dc.date.accessioned2023-03-15T07:33:43Z
dc.date.available2023-03-15T07:33:43Z
dc.date.issued2022-08-01
dc.identifier.nim180210104001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112883
dc.description.abstractPembelajaran IPA memiliki komponen penting yang mengharuskan siswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Maka dari itu, kemampuan berpikir kritis peserta diidk perlu ditingkatkan untuk dapat menambah kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah. Salah satu permasalahan pembelajaran IPA di SMP adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu faktor yang yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta diidk adalah ketersediaan sumber belajar. Oleh karenanya, diperlukan inovasi dalam penggunaan bahan ajar selama pembelajaran, yaitu dengan mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Jenis peneltian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian antara lain lembar validitas E-LKPD, lembar observasi, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar angket respon siswa terhadap E-LKPD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase untuk mengetahui validitas E-LKPD, kepraktisan, dan respon siswa, sedangkan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis menggunakan uji N-Gain. Hasil dari E-LKPD berbasis PBL yang telah divalidasi oleh ketiga validator memperoleh hasil rata-rata presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat valid, yang artinya E-LKPD telah valid dan dapat digunakan pada tahap uji coba produk. Uji coba produk dilakukan di MTs Negeri 1 Jember, melalui tahap ini dapat diketahui kepraktisan pembelajaran selama menggunakan E-LKPD berbasis PBL melalui keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian keterlaksanaan pembelajaran dilakukan oleh tiga observer dalam kegiatan belajar mengajar selama tiga kali pertemuan dan mendapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis yang artinya pembelajaran menggunakan E- LKPD berbasis PBL terlaksana dengan baik dan dikatakan praktis. Kemudian hasil tes kemampuan berpikir krits siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.53 kategori sedang. Selain itu, nilai angket respon siswa terhadap E-LKPD berbasis PBL memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 78% dengan kategori baik, yang artinya siswa menunjukkan respon yang postif terhadap E-LKPD yang telah dipelajari. Berdasarkan nilai angket respon siswa dan juga nilai tes kemampuan berpikir kritis yang didapat maka diketahui bahwa E-LKPD berbasis PBL efektif digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Adapun hambatan yang dialami saat penelitian pengembangan E-LKPD berbasis PBL ini dilakukan diantaranya yaitu keterbatasan waktu penelitian membuat kegiatan atau aktivitas belajar yang disediakan di E-LKPD juga terbatas serta kendala terhadap website yang digunakan dalam penyusunan E-LKPD. Kesimpulan penelitian ini adalah E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan telah memperoleh hasil yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Aristya Putra S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 15 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record