Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik LKPD Berbantuan Nemo Gabu Gama Pada Materi Hukum Kepler dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X
Abstract
Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Nemo Gabu
Gama pada materi Hukum Kepler dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X;
Okta Nur Aisyah; 180210102051; 2022; 40 halaman; Program Studi Pendidikan
Fisika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan;
Universitas Jember.
Hasil belajar fisika yang rendah juga dipengaruhi beberapa hal antaranya
adalah padatnya kurikulum yang ada, penyajian materi pada buku yang sulit
dipahami, media pembelajaran yang digunakan kurang dapat menarik perhatian
siswa, kurang memadainya sarana prasarana laboratorium, kurang tepatnya
pemilihan media pembelajaran, kurang optimalnya proses belajar dari siswa itu
sendiri, kurang terlibatnya siswa dalam proses belajar mengajar sehingga proses
pembelajaran didominasi oleh guru. Pengunaan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbantuan alat peraga Nemo Gabu Gama pada saat pembelajaran dirasa
dapat menciptakan suasana yang konkret dalam sebuah pembelajaran karena siswa
dapat belajar dengan menvisualkan proses terjadinya sebuah peristiwa yang
dikatakan rumit serta prosesnya lama dan dapat lebih banyak berinteraksi dengan
temannya untuk saling berdiskusi dan melakukan percobaan sederhana.
Berdasarkan hasil survey dari proses pembelajaran yang dilakukan di MA
Unggulan Hikmatul Amanah, media yang digunakan hanya menggunakan buku
ajar yang diberikan oleh sekolah tanpa adanya media lainnya seperti buku paket dan
alat peraga. Sehingga penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan Nemo
Gabu Gama dirasa dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan
belajar pada materi Hukum Keppler.
Berdasarkan uraian di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji
efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan Nemo Gabu Gama
pada materi Hukum Kepler dalam pembelajaran fisika kelas X. Indikator efektivitas
yang digunakan pada penelitian ini adalah indikator peningkatan hasil belajar dan
respon siswa.
viii
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dan penelitian ini
menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan model penelitian
One Group Pretest – Posttest. Sampel yang diguanakan adalah Kelas X MIPA 1
MA Unggulan Hikmatul Amanah. Pemilihan sampel pada penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan beberapa
pertimbangan yaitu karena kelas tersebut belum pernah ditempati untuk penelitian,
selain itu kelas tersebut belum pernah menggunakan media dalam proses
pembelajaran, serta rekomendasi dari guru mata pelajaran fisika di MA Unggulan
Hikmatul Amanah. Data yang diperoleh akan digunakan untuk menganalisis
peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa. Pada penelitian menggunakan
Teknik analisis data N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
setelah menggunakan media.
Hasil analisis data efektivitas menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbantuan Nemo Gabu Gama pokok bahasan Hukum Kepler pada
kelas X dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan ketegori tinggi sehingga Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan Nemo Gabu Gama dapat dinyatakan
efektif dalam mengkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis data respon siswa
setelah menggunnakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan Nemo
Gabu Gama pokok bahasan Hukum Kepler untuk siswa kelas X MIPA 1 si MA
Unggulan Hikmatul Amanah menunggukkan hasil skor respon sebesar 89,25%
yang termasuk kedalam kategori sangat positif sehingga Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbantuan Nemo Gabu Gama pokok bahasan Hukum Kepler dapat
diterima dengan baik oleh siswa dan dapat membuat siswa lebih tertarik dalam
proses pembelajaran fisika.
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbantuan Nemo Gabu Gama pokok bahasan Hukum Kepler pada siswa kelas X
yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta mendapatkan respon yang
sangat baik dari siswa.