Pengembangan Aplikasi Ms. Edury Sebagai Sumber Belajar Sejarah Berbasis Android dan Efektivitasnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Menggunakan Model ASSURE
Abstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dari perkembangan revolusi industri 4.0. Kurangnya atensi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk aplikasi Ms. Edury yang telah tervalidasi ahli dan mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar sejarah. Proses pengembangan dilakukan menggunakan model ASSURE. Hasil angket validasi ahli bahasa, desain aplikasi, dan materi berturut-turut didapatkan nilai mean 4.0, 4.5, dan 4.4 yang menunjukkan kualifikasi minor revision. Hasil uji coba kelompok kecil terindikasi adanya peningkatan rata-rata nilai pre-post test dari 41,3 - 79,1. Hasil uji coba kelompok besar terindikasi adanya peningkatan rata-rata pre-post test dari 51,1 - 78,2. Berdasarkan uji efektivitas kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan nilai berturut-turut sebesar 0,89 dan 0,78 yang masuk dalam kategori Large Effect.