Pengaruh Atribut Destinasi Halal Terhadap Kepuasan Berkunjung dan Niat Wisatawan Muslim Gen Z di DKI Jakarta
Abstract
Halal saat ini menjadi fenomena global yang menjadi tren pasar dan gaya hidup dunia. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan muslim dari tahun ke tahun, minat terhadap pariwisata halal juga mengalami pertumbuhan yang meningkat. Meningkatnya jumlah wisatawan muslim merupakan tantangan dan peluang untuk meningkatkan industri pariwisata Indonesia. Industri di bidang pariwisata sendiri berperan penting dalam meningkatkan pendapatan negara Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Atribut Destinasi halal terhadap Kepuasan berkunjung dan Niat dari wisatawan muslim gen Z di DKI Jakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini path analysis dengan Atribut Destinasi halal sebagai variabel independen, Kepuasan berkunjung sebagai variabel intervening, dan Niat sebagai variabel dependen. Data yang diolah menggunakan uji t dan uji sobel.