Pengaruh Media Engklek Modifikasi Terhadap Perkembangan Kognitif Kelompok B di TK ABA 1 Balung Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Perkembangan kognitif yaitu kemampuan untuk tumbuh dengan tujuan untuk menyampaikan penggunaan sistem
simbol yang ditunjukkan dalam bentuk pengaturan. Sistem simbol tersebut antara lain yaitu gambaran, kata-kata,
isyarat, dan juga angka-angka. Pada penelitian ini peneliti ingin menguji coba untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh dari media engklek modifikasi terhadap perkembangan kognitif kelompok B di TK ABA 1 Balung
Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Jenis
penelitian ini kuantitatif eksperimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek
Penelitian ini ada 10 anak kelompok B di TK ABA 1 Balung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis wilcoxson signed rank test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari media engklek modifikasi terhadap perkembangan kognitif kelompok B di TK
ABA 1 Balung. Setelah dilakukan perlakuan atau treatment selama 8 kali pertemuan, hasil perhitungan uji
wilcoxon menggunakan SPSS versi 26.0 diketahui bahwa kognitif anak sebelum diberikan treatment diperoleh
nilai rata-rata pretest sebesar 61,90. Setelah diberikan treatment diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 91,30.
Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif anak kelompok B dari sebelum dan
sesudah diberikan treatment