Show simple item record

dc.contributor.authorATIQOH, Noor
dc.date.accessioned2022-10-11T05:43:45Z
dc.date.available2022-10-11T05:43:45Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.nim180210204064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110055
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractMunculnya permasalahan pada bidang pendidikan di Indonesia telah diatasi dengan dilakukannya perubahan pada kurikulum, hal tersebut berfungsi mempersiapkan siswa dalam menghadapi permasalahan di masyarakat. Langkah tersebut dilakukan agar dapat memperoleh hasil belajar yang baik dari siswa. Hasil tersebut bisa diketahui melalui karakter yang diterapkan oleh siswa saat berada di luar lingkungan sekolah. Karakter positif yang dilakukan siswa akan memperoleh pengakuan yang positif pula dari masyarakat begitu pula sebaliknya. Salah satu cara memberikan pendidikan karakter di sekolah dengan menggunakan media pembelajaran, misalnya menggunakan video animasi Kiko. Penyajian cerita yang berbeda-beda pada setiap episodenya sangat menarik untuk diikuti. Selain itu melalui animasi ini juga penonton juga memperoleh pesan-pesan yang dapat diambil. Oleh karena itu, secara tidak langsung juga memberikan pendidikan karakter yang bermanfaat pada semua kegiatan. Namun ada kalanya siswa cenderung hanya menonton saja tanpa memperoleh pengetahuan dari menonton animasi Kiko. Apabila siswa dapat memperoleh pengetahuan tersebut, siswa dapat membedakan mana yang seharusnya ditiru dan mana yang seharusnya tidak ditiru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai karakter-karakter pada animasi “Kiko” agar anak dapat memperoleh pengetahuan dan dapat meniru perilaku yang baik dalam animasi Kiko. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat pada media animasi “Kiko” (dalam tinjauan untuk anak sekolah dasar). Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan bentuk deskriptif. Objek penelitian dalam penelitian yaitu video animasi “Kiko” yang terdiri dari 5 episode pada musim ketiga yang telah diunduh dari youtube. Sumber data diambil dari dialog antar tokoh dalam video dan perilaku tokoh dalam video animasi selanjutnya dianalisis dengan 5 nilai karakter antara lain nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai mandiri dan nilai gotong- royong. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada 5 episode animasi “Kiko” yang diantarnya episode 6 (Biarkan Bebas?), 8 (Survival), 11 (Time Capsule), 19 (1,2,3 Action) dan 23 (Lola Bakery). Diperoleh temuan-temuan nilai- nilai karakter yang diantaranya nilai religius, subnilai karakter cinta damai ditemukan sebanyak 3, 2 nilai persahabatan, 1 nilai teguh pendirian dan 1 nilai mencintai lingkungan. Nilai karakter yang kedua yaitu nilai nasionalisme, subnilai karakter rela berkorban ditemukan sebanyak 1. Nilai karakter yang ketiga nilai integritas, subnilai karakter adil ditemukan sebanyak 1 dan 1 nilai cinta kebenaran. Nilai yang keempat yaitu nilai mandiri, subnilai daya juang ditemukan sebanyak 2, 4 nilai kreatif, 1 nilai tangguh, 1 nilai keberanian dan 1 nilai profesional. Nilai karakter yang terakhir yaitu nilai gotong-royong, subnilai karakter komitmen atas keputusan bersama ditemukan sebanyak 3, 4 nilai kerja sama, 1 nilai musyawarah mufakat, 4 nilai menghargai, 2 nilai anti diskriminasi, 1 nilai anti kekerasan, 3 nilai solidaritas, 6 nilai tolong menolong, dan 7 nilai empati. Kesimpulkan dalam penelitian ini yaitu nilai gotong-royong merupakan nilai karakter yang paling banyak ditemukan, sedangkan nilai nasionalisme merupakan nilai yang paling sedikit ditemukan. Penemuan nilai-nilai karakter pada video animasi “Kiko” mengindikasikan bahwa terdapat nilai-nilai karakter di dalamnya. Karakter-karakter tersebut dapat diajarkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Bertambahnya pengetahuan akan nilai-nilai karakter pada animasi “Kiko” akan membuat siswa menjadi lebih peka dalam mengindikasi nilai-nilai karakter di dalamnya. Sekaligus dapat membantu siswa membedakan perilaku mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak boleh ditiru.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D Dyah Ayu Puspitaningrum, SE. M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectAnimasi Kikoen_US
dc.subjectNilai Nilai Karakteren_US
dc.titleAnalisis Nilai-nilai Karakter pada Media Animasi "KIKO" (dalam Tinjauan untuk Anak Sekolah Dasar)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Sien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record