Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Shariah Compliance dan Attitude Towards Halal terhadap E-Satisfaction Pengguna Bank Syariah Indonesia (BSI) Mobile
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membuat para pelaku bisnis ikut
memanfaatkan. Salah satunya sektor keuangan yaitu bank syariah memanfaatkan
perkembangan media komunikasi Melalui Mobile banking atau yang disebut
dengan M-banking. Perkembangan penggunaan Mobile banking dari tahun ketahun
mulai menunjukan peningkatan minat transaksi. Sebagai layanan yang menawarkan
perbedaan dengan bank konvensional, bank syariah perlu mengetahui tingkat
satisfaction konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari
variabel Kemudahan Penggunaan, Shariah Compliance Dan Attitude Towards
Halal Terhadap E-Satisfaction. Penelitian ini menggunakan data kuesioner. Objek
penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI) mobile. Penelitian ini
merupakan explanatory research untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Populasi Penelitian ini nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menggunakan
mobile banking. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan variabel
independen Kemudahan Penggunaan, Shariah Compliance dan Attitude toward
Halal. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu E-satisfaction. Data yang
diperoleh diolah menggunakan uji t dan uji f. Pada uji t menunjukan bahwa variabel
independen berpengaruh secara parsial terhadap E-satisfaction. variabel
Kemudahan Penggunaan (X1) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,035, variabel
Shariah Compliance (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001. dan Attitude
Towards Halal (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,045.