Show simple item record

dc.contributor.authorPURNAMASARI, Riska
dc.date.accessioned2022-09-14T02:28:14Z
dc.date.available2022-09-14T02:28:14Z
dc.date.issued2022-06-22
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109427
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 September 2022en_US
dc.description.abstractMatematika dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa khususnya bagi siswa sekolah dasar. Mereka beranggapan bahwa selain sulit dipahami, matematika juga membosankan. Saat pembelajarannya pun contoh soal yang diberikan guru sulit untuk dibayangkan karena contoh soal tidak diambil dari aktivitas sehari-hari siswa. Pembelajaran matematika pun akhirnya kurang maksimal dan bermakna. Guna mewujudkan pembelajaran matematika yang bermakna serta mudah dipahami, perlulah mengaitkan pembelajaran matematika tersebut dengan kehidupan sehari-hari seperti melalui budaya yang ada di sekitar siswa. Budaya yang ada di sekitar siswa dan memiliki unsur matematika salah satunya yaitu candi. Bagian yang ada pada candi dapat dimanfaatkan sebagai objek belajar siswa terkait pembelajaran matematika khususnya cabang geometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada Candi Cetho berdasarkan kajian pada bangun datar kelas IV kemudian bangun datar tersebut dikaji terkait kompetensi dasar pembelajaran matematika kelas IV siswa sekolah dasar. Letak dari Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Candi Cetho dibuat pada masa Kerajaan Brawijaya V dengan model berundak, sebab letaknya yang berada dilereng gunung. Candi ini memiliki teras berjumlah 13 teras, setiap teras terdapat beberapa bangunan seperti arca, gapura, petilasan, Garudeya, Lingga-Yoni, relief, pendopo hingga teras terakhir yaitu terdapat mandala utama. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara, ditemukan bahwa pada Candi Cetho terdapat beberapa konsep matematika khususnya pada bidang geometri. Konsep bangun datar terdapat pada gapura, relief Sudamala, sengkalan, Garudeya, mandala utama, arca Prabu Brawijaya V, arca Sabdo Palon Naya Genggong, pendopo, petilasan Ki Ageng Krincingwesi, Lingga Yoni, Garudeya, dan Surya Majapahit. Bangunan tersebut memiliki bentuk persegi panjang, lingkaran, trapesium, segitiga sama sisi, serta segitiga sama kaki. Konsep bangun ruang berupa bangun limas segi empat dan balok yang ada pada atap petilasan serta tangga teras. Konsep bangun segi banyak yakni bangun segi banyak beraturan berupa segitiga sama sisi yang ada pada Yoni serta pada gupala. Selain itu konsep segi banyak tidak beraturan ada pada Garudeya, atap pendopo, relief Sudamala dan sengkalan, gapura, badan mandala utama, Lingga serta arca dengan bentuk persegi panjang, trapesium, dan segitiga sama kaki. Konsep bukan segi banyak juga ada pada Lingga, perhiasan arca Nyai Agni, dan surya Majapahit. Konsep kesebangunan terdapat pada tangga teras sedangkan konsep refleksi ada pada gapura dan Garudeya. Hasil dari penelitian etnomatematika ini kemudian dikaji berdasarkan kompetensi dasar pembelajaran matematika kelas IV siswa sekolah dasar. Adapun kompetensi dasar yang dapat dikaitkan dengan konsep bangun ruang serta bangun segi banyak antara lain: 3.6; 3.9; 3.10; 4.16; dan 4.17. Diharapkan hasil eksplorasi pada Candi Cetho ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan proses pembelajaran matematika di kelas IV, sehingga pembelajaran pun menjadi bermakna. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mengeksplor lebih dalam mengenai etnomatematika yang ada pada Candi Cetho serta dapat mengaitkannya dengan pembelajaran matematika dan mengembangkannya menjadi bahan ajar tertentu seperti paket tes dan lain sebagainyaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEKSPLORASI ETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectCANDI CETHOen_US
dc.subjectKAJIAN BANGUN DATARen_US
dc.titleEksplorasi Etnomatematika pada Candi Cetho pada Kajian Bangun Datar Kelas IV Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record