Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mindjet Mindmanager pada Materi Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Siswa SMA
Abstract
Kebutuhan dalam dunia pendidikan yang semakin berkembang di era digital mengharuskan pembelajaran inovatif dengan mengoptimalkan peran media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Pembelajaran tersebut dapat mendorong siswa untuk aktif, partisipatif, dan mandiri dalam belajar. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran geografi yaitu terletak pada media pembelajaran berbasis TIK berupa power point yang belum dikategorikan sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Tampilan media pembelajaran yang masih sederhana ini yang menyebabkan siswa kurang berminat dan tidak fokus dalam proses kegiatan pembelajaran. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK berupa peta konsep atau mind map untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran sehingga materi peta, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan aplikasi Mindjet Mindmanager yang menarik, efektif pada materi peta, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri Balung. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4-D oleh Thiagarajan dkk yang telah dimodifikasi hingga tahap pengembangan.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tingkat kemenarikan dengan menggunakan penskoran yang diperoleh dari hasil angket respon siswa dan validasi ahli. Hasil validasi media pembelajaran berbasis TIK sebesar 74%, validasi materi sebesar 70%, validasi bahasa sebesar 80% yang artinya media yang dikembangkan sudah layak. Hasil uji kemenarikan dan efektif pada uji coba kelompok kecil 80%, dan uji coba kelompok besar 81%, dengan kategori sangat menarik. Kesimpulan yang didapat yaitu terdapat peningkatan yang signifikan dari rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan media dengan aplikasi Mindjet Mindmanager.