Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Fitri Sintia Sari
dc.date.accessioned2013-12-20T02:19:31Z
dc.date.available2013-12-20T02:19:31Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210204167
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10928
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SDN Sumber Pinang 01 Pakusari Jember masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat dan hasil belajarnya rendah. Penerapan Quantum learning dengan media realita mengajak siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Quantum learning dengan media realita pada siswa kelas V SDN Sumber Pinang 01 Jember tahun pelajaran 2011/ 2012?; (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Quantum learning dengan media realita pada siswa kelas V SDN Sumber Pinang 01 Jember tahun pelajaran 2011/ 2012?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model quantum learning dengan media realita pada siswa kelas V SDN sumber pinang 01 jember tahun pelajaran 2011/2012; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Quantum Learning dengan media realita pada siswa kelas V SDN Sumber Pinang 01 jember tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012 di SDN Sumber Pinang 01 Pakusari Jember kelas V yang berjumlah 24 orang siswa. Pengambilan datanya dimulai dari tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 15 Oktober 2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus mencakup empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket/ kuesioner, dokumentasi, tes. Data yang dikumpulkan berupa tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis minat siswa selama proses pembelajaran IPA, serta hasil wawancara siswa dan guru. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian untuk minat belajar siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 60,5% sehingga menjadi 85,5% dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 73,4 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari tes siklus 1 yang telah dilakukan juga meningkat menjadi 75%. Penelitian pada siklus 2 minat siswa juga meningkat 8,3% dari siklus 1 menjadi 93,8% dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 2 sebesar 80,54 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari tes yang telah dilakukan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya model Quantum learning dengan media realita. Saran yang dapat diberikan, yaitu bagi guru, Quantum learning dengan media realita dapat menjadi inovasi dalam perbaikan pembelajaran IPA yang berkelanjutan. Bagi sekolah, hendaknya dibutuhkan kerja sama dalam memberikan sarana dan prasarana yang memadai sehingga kualitas pembelajaran menjadi baik dan pelaksanaannya di kelas menjadi lancar sesuai harapan bersama. Bagi peneliti, hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204167;
dc.subjectQuantum Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA REALITA SISWA KELAS V SDN SUMBER PINANG 01 PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record