Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Tembakau Jember Dalam Penerapan Konsep Geometri Sebagai Bahan Paket Tes Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu dalam pendidikan yang membahas mengenai logika, bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi secara detail mengenai etnomatematika pada bangunan rumah tembakau Jember serta membuat paket tes matematika berbasis kearifan lokal yang berkaitan dengan bentuk budaya bangunan rumah tembakau Jember untuk peserta didik kelas IV SD. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan ketua pengurus GAPOKTAN tembakau Kabupaten Jember dan sinder PTPN X Kabupaten Jember. Hasil observasi dan wawancara menujukkan bahwa rumah tembakau Jember memiliki konsep-konsep matematika di dalamnya yakni konsep bangun datar segitiga, persegi panjang, dan persegi, konsep bangun ruang kubus, balok, tabung, dan prisma segitiga, konsep kekongruenan/kesebangunan, konsep kajian garis, konsep sudut dan konsep pola bilangan genap yang ditunjukkan pada susunan ukuran kamar dari rumah tembakau. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan akan dijadikan bahan pembuatan paket tes untuk peserta didik kelas IV SD yang berkenaan dengan etnomatematika pada rumah tembakau Jember.