Show simple item record

dc.contributor.authorPRATIWI, Afnindya Arum
dc.date.accessioned2022-08-16T10:23:35Z
dc.date.available2022-08-16T10:23:35Z
dc.date.issued2022-04-25
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108847
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 16 Agustus 2022
dc.description.abstractPembelajaran adalah suatu kondisi dimana guru dapat memberi informasi mengenai pengetahuan dan mengelola lingkungan yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar. Matematika merupakan salah satu materi dalam pembelajaran yang paling penting dalam pendidikan dan dalam menghadapi permasalahan pada kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran matematika di sekolah meliputi, kemampuan (1) problem solving (pemecahan masalah), (2) reasoning and proof (penalaran dan bukti), (3) communication (komunikasi), (4) connections (koneksi), dan (5) representations (representasi). Komunikasi matematis adalah kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam lingkungan sekolah. Komunikasi matematis adalah suatu keterampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengkomunikasikan matematika itu sendiri untuk memperjelas keadaan atau masalah. Komunikasi tidak hanya dilihat dari hasil akhir peserta didik, melainkan juga dilihat dari proses pengerjaannya. Namun setiap manusia pada hakikatnya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda. Tipe kepribadian manusia digolongkan menjadi empat, yaitu: artisan, idealist, guardian, dan rational. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan tipe kepribadian David Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dan dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember pada tanggal 11 – 20 Februari 2022. Metode yang digunakan adalah metode angket, tes Persamaan Garis Lurus, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 8 siswa yang terdiri atas 2 siswa dengan masing-masing tipe kepribadian yaitu artisan, idealist, guardian, dan rational. Siswa artisan cenderung tidak menunjukkan sepenuhnya indikator kemampuan mengekspresikan ide-ide atau gagasan matematika secara tulis, melainkan hanya kemampuan secara lisan. Siswa artisan juga menunjukkan indikator kemampuan memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi ide-ide atau gagasan matematika serta menggunakan simbol matematika baik tertulis maupun lisan. Siswa idealist tidak menunjukkan sepenuhnya indikator kemampuan mengekspresikan ide-ide atau gagasan matematika secara tertulis, melainkan hanya mampu menunjukkan sebagian dari indikator kemampuan tes lisan. Siswa idealist juga hanya memenuhi sebagian indikator kemampuan memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi ide-ide atau gagasan matematika pada tes tulis dan lisan. Akan tetapi, siswa idealist mampu menunjukkan indikator kemampuan untuk menggunakan simbol matematika baik tertulis maupun lisan. Siswa guardian menunjukkan sebagian indikator kemampuan mengekspresikan ide-ide atau gagasan matematika dan kemampuan memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi ide-ide atau gagasan matematika secara tertulis maupun lisan. Siswa guardian mampu menunjukkan kemampuan untuk menggunakan simbol matematika pada tes tulis dan lisan. Siswa rational menunjukkan seluruh indikator kemampuan mengekspresikan ide-ide atau gagasan matematika secara tertulis maupun lisan. Siswa rational juga menunjukkan seluruh indikator kemampuan memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi ide-ide atau gagasan matematika serta menggunakan simbol matematika pada tes tulis dan lisan.en_US
dc.description.sponsorshipDinawati Trapsilasiwi, Ervin Oktavianingtyasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKomunikasi Matematisen_US
dc.subjectPersamaan Garis Lurusen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.titleKemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Tipe Kepribadian David Keirseyen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record