Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus Ibu-Ibu Anggota Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0821 Kabupaten Lumajang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna melihat besarnya pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus Ibu-Ibu Anggota Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0821 Kabupaten Lumajang). Penelitian ini menggunakan penentuan responden yang melakukan pembelian lebih 2kali dalam 3bulan. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner, wawancara, dan dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus Ibu-Ibu Anggota Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0821 Kabupaten Lumajang). Pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada Marketplace Shopee sebesar 74%. Pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pada Marketplace Shopee sebesar 55%. Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pada Marketplace Shopee sebesar 54%. Hasil uji didapatkan bahwa pengaruh tidak langsung sebesar 40,7% lebih kecil dibandingkan pengaruh langsung sebesar 55%, maka dari itu hasil menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung kepercayaan (X) terhadap loyalitas (Y) melalui kepuasan konsumen (Z) tidak memiliki pengaruh yang signifikan.