Show simple item record

dc.contributor.authorAFIFA, Vivin Nur
dc.date.accessioned2022-08-10T02:59:32Z
dc.date.available2022-08-10T02:59:32Z
dc.date.issued2022-05-27
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108753
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan bahasa dirasa penting diperhatikan sedini mungkin, karena perkembangan anak yang dimiliki saat ini akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Observasi yang telah dilakukan di TK Al Muttaqien Kelas A pada tanggal 29 September 2021 ditemukan anak yang perkembangan bahasanya kurang optimal. Terdapat anak yang tidak merespon jika diajak berbicara, anak yang pendiam, tidak memahami perintah, serta tidak mampu mengutarakan keinginannya. Menurut wali kelas A salah satu penyebab anak mengalami keterlambatan bahasa yaitu seringnya anak dalam menggunakan gawai. Melihat kondisi yang demikian peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan gawai terhadap keterlambatan bahasa anak, dengan responden 37 orang tua atau wali murid yang terdiri dari 20 anak kelas A1 dan 17 anak kelas A2. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara penggunaan gawai terhadap keterlambatan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Al Muttaqien Gambiran Banyuwangi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan gawai terhadap keterlambatan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Al Muttaqien Gambiran Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di TK Al Muttaqien Gambiran Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al Muttaqien tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 37 anak. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observas dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Angket diberikan kepada guru kelas untuk diberikan kepada orang tua siswa kelas A. Pemberian angket bertujuan untuk mengetahui bagaimana jawaban orang tua terkait dengan penggunaan gawai dan keterlamabatan bahasa pada anak mereka ketika di rumah. Angket terdiri dari 20 pertanyaan, masing-masing jawaban dinilai dengan menggunakan skala Likert. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa harga rhitung sebesar 0,786. Jika dilihat dari kriteria rtabel sebesar 0,325 pada taraf kepercayaan 95% dengan N=37 akan menunjukkan bahwa r hitung ≥ r tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan antara penggunaan gawai terhadap keterlambatan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Al Muttaqien Gambiran Banyuwangi. Hasil tersebut diperjelas kembali melalui uji hubungan untuk aspek penggunaan gawai dengan keterlambatan bahasa anak yang menunjukkan bahwa aktivitas penggunaan gawai memiliki sumbangan relatif sebesar 55% terhadap keterlambatan bahasa anak. Sedangkan durasi dan frekuensi penggunaan gawai hanya menyumbangkan 13% dan 44%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa penggunaan gawai memiliki hubungan dengan keterlambatan bahasa anak. Maka orang tua diharapkan membatasi penggunaan gawai pada anak serta orang tua harus lebih memperhatikan perkembangan bahasa pada anak, sehingga perkembangan bahasa dapat berkembang dengan baik.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. Dosen Pembimbing Anggota : Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGGUNAAN GAWAIen_US
dc.subjectKETERLAMBATAN BAHASAen_US
dc.subjectANAK USIA 4-5 TAHUNen_US
dc.titleHubungan Penggunaan Gawai terhadap Keterlambatan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Muttaqien Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record