Show simple item record

dc.contributor.authorLatifah Rahmi
dc.date.accessioned2013-12-20T01:00:30Z
dc.date.available2013-12-20T01:00:30Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210204122
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10827
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar matematika di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, pembelajaran sejauh ini masih didominasi oleh guru, siswa kurang dilibatkan akhirnya pembelajaran terkesan monoton dan timbul kejenuhan pada siswa. Praktik pembelajaran juga kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa sehingga pemahaman terhadap konsep matematika menjadi sulit. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, guru harus menggunakan beberapa pendekatan dan metode yang dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta siswa dapat menemukan dan membangun konsep matematika dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Pembelajaran matematika realistik (PMR) adalah pendekatan pembelajaran matematika dengan menggunakan situasi atau masalah yang mempunyai konteks atau kaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dipahami siswa sehingga membuat sesuatu menjadi nyata dalam benak siswa. Berdasarkan latar belakang di atas dirumuskan permasalahan bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data pada kelas VI SDN Sidodadi 01 Banyuwangi serta bagaimana peningkatan ketuntasan belajar yang dicapai. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, serta ketuntasan belajar siswa pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data pada siswa kelas VI SDN Sidodadi 01 Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidodadi 01 Kecamatan Wongsorejo, dimulai pada tanggal 17 Januari 2012 sampai tanggal 26 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 27 anak, terdiri dari 12 lakilaki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa dokumen nama dan nilai siswa pokok bahasan FPB dan KPK (dokumentasi), jawaban siswa terhadap tes akhir siklus 1 dan tes akhir siklus 2 (tes), analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran (observasi), dan jawaban siswa terhadap wawancara setelah pembelajaran (wawancara). Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 menggunakan dunia nyata 93,98%, menggunakan model 90,74%, diskusi 91,67%, interaksi 81,48%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan, menggunakan dunia nyata 95,83%, menggunakan model 96,29%, diskusi 92,69%, interaksi 95,36%. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 70,37%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 88,89%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Sidodadi 01 Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi materi pengumpulan dan penyajian data melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,52% dari siklus 1 ke siklus 2. Ini berarti penerapan PMR berhasil.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204122;
dc.subjectPembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pengumpulan dan Penyajian Dataen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VI SDN SIDODADI 01 KECAMATAN WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record