Show simple item record

dc.contributor.authorNUGRAHA, Mohammad Rizky Adhe
dc.date.accessioned2022-06-27T16:13:43Z
dc.date.available2022-06-27T16:13:43Z
dc.date.issued2021-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107757
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus pada ide inovasi yang dilakukan oleh pokdarwis Lider guna mengembangkan wisata air terjun Lider. Ide inovasi diimplementasikan melalui kegiatan promosi via media online. Pendekatan pelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini digunakan teori difusi inovasi yang ditawarkan oleh Everett M.Rogers. Rogers menjelaskan bahwa terdapat lima tahapan dalam melakukan difusi inovasi. Tahap pertama adalah pengenalan yang dilakukan dengan cara sosialisasi ide. Kemudian tahap kedua adalah tahap persuasi. Pada tahap tersebut, penggagas berupaya untuk meyakinkan orang-orang bahwa ide inovasinya akan membawa dampak yang baik dan signifikan. Tahap persuasi akan membawa pada keputusan terkait diterima atau ditolaknya ide inovasi. Setelah tahap persuasi maka beralih ke tahap keputusan. Tahap keputusan memberika keputusan akhir terkait diterima atau ditolaknya ide inovasi yang ada. Dalam hal ini adalah ide inovasi pengembangan air terjun Lider melalui promosi media online. Pada penelitian ini, orang-orang memutuskan untuk menerima ide inovasi pengembangan air terjun Lider melalui promosi media online. Setelah keputusan diambil, maka ide inovasi diimplementasikan dengan munculnya berbagai media sosial (instagram, facebook, Google Bisnis) wisata air terjun Lider. Selanjutnya sampailah pada tahap akhir difusi inovasi yaitu tahap penegasan. Pada tahap ini pokdarwis Lider melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak guna semakin meyakinkan dan memaksimalkan ide inovasi yang dijalankan. Harapannya adalah memperoleh output yang maksimal melalui peningkatan pengunjung wisata air terjun Lider. Kesimpulan dari ide difusi inovasi yang dilakukan dalam pengembangan wisata air terjun Lider adalah difusi inovasi mengalami keberhasilan. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengunjung wisata air terjun Lider. Pada tahun 2015 jumlah pengunjung wisata air terjun Lider sebanyak 14.426 pengunjung dan meningkat hingga 19.322 pengunjung pada tahun 2019. Penigkatan jumlah pengunjung tersebut dapat diindikasikan sebagai salah satu keberhasilan dari ide difusi inovasi yang dicetuskan dan dijalankan sesuai dengan tahapan yang dikemukakan oleh Rogers.en_US
dc.description.sponsorshipRaudlatul Jannah, S.Sos., M.Si. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectWisata Air Terjun Lideren_US
dc.titleInovasi Promosi Online Sebagai Strategi Branding Wisata Air Terjun Lider Studi Deskriptif di Dusun Lider, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record