Kesesuaian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Siswa Kelas Iii Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Edisi Revisi Tahun 2018 Pada Permendikbud No 20 Tahun 2018
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam kurikulum
2013 terdapat pada aturan Permendikbud Nomor 2018. Berdasarkan
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter atau
yang sering disebut dengan PPK menyatakan bahwa gerakan pendidikan di bawah
tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik
melalui lima nilai karakter yang utama yakni nilai religius, gotong royong,
nasionalis, mandiri dan integritas yang terintegrasi dalam kurikulum. Pada tahun
2017 di portal online harian kompas terdapat kasus siswa SD menjadi korban
kekerasan oleh teman dan ketua kelasnya. Tanggal 6 Agustus 2020 saat
melaksanakan program kerja (Proker) KK di Perumahan Kebonsari Indah
Jember, masih terdapat nilai karakter yang kurang dimiliki oleh peserta didik di
daerah tersebut karena peserta didik masih banyak yang tidak menghargai guru
praktikan seperti tidak mendengarkan penjelasan dari pendidik, penggunaan
bahasa yang kurang pantas di pakai oleh anak seusianya. Maka dari itu, agar
peserta didik dapat menjalankan hidup dengan baik dan berhasil dalam mencapai
cita-cita, pendidik harus bisa menanamkan nilai karakter yang positif kepada
peserta didik, salah satunya dengan buku teks.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam
penelitian ini yakni bagaimanakah kesesuaian nilai pendidikan karakter dalam
Buku Siswa Kelas III Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Edisi Revisi
Tahun 2018 pada Permendikbud No 20 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan
metode dokumentasi dan teknis penelitianya menggunakan penelitian analisis isi
(content analysis). Langkah – langkah penelitian yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : (1) Pengumpulan data; (2) Penyajian data; (3) Reduksi Data; dan
(4) Kesimpulan