Show simple item record

dc.contributor.authorNOVITASARI, Sya’baniya
dc.date.accessioned2022-05-31T05:46:59Z
dc.date.available2022-05-31T05:46:59Z
dc.date.issued2022-03-21
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106960
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 31 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan berpikir kreatif merupakan kebiasaan melatih fikiran dengan memperhatikan imajinasi, mengungkap kemungkinan baru, dan intuisi. Keterampilan berpikir kreatif merupakan unsur pembangun yang harus didalami. Keterampilan berpikir kreatif merupakan hal yang perlu dilatih dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Faktanya keterampilan berpikir kreatif siswa belum sesuai dengan yang diharapkan dan perlu ditingkatkan. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penelitian yang terkait keterampilan beprikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa yang rendah dapat disebabkan karena dalam pembelajaran siswa belum terlibat secara aktif. Siswa hanya mendapatkan materi dari apa yang diberikan oleh guru dan kurang leluasa mengembangkan idenya sehingga hal ini menyebabkan rendahnya berpikir kreatif siswa. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa dapat dilakukan dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sehingga siswa dapat memahami konsep pada materi IPA dan aktif dalam pembelajaran. Melalui LKPD ini memungkinkan siswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatifnya karena meminimalkan peran guru sebagai pendidik dan lebih memaksimalkan peran siswa dalam pembelajaran. Upaya yang telah dilakukan masih menggunakan LKPD konvensional, sedangkan adanya kemajuan teknologi di era golbalisasi ini menuntut inovasi baru dalam tampilan LKPD. Kondisi pandemi saat ini juga mengakibatkan pembelajaran seringkali dilakukan secara daring (dalam jaringan) yang mengakibatkan aktivitas belajar siswa lebih banyak menggunakan jaringan internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya penyusunan perangkat pembelajaran salah satunya E-LKPD. Proses pembelajaran menggunakan ELKPD dapat berlangsung lebih efektif. Materi yang digunakan yaitu energi dalam sistem kehidupan karena materi ini materi ini menuntut siswa untuk terbiasa mengembangkan gaya berpikir untuk berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD pada materi energi dalam sistem kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembagan Nieveen yang meliputi (1) preliminary research; (2) prototyping stage; dan (3) assessment stage. Tahap preliminary research dilakukan analisis masalah dan pengembangan konseptual berdasarkan literatur dan penelitian terdahulu. Selanjutnya adalah tahap prototyping stage yang menghasilkan rancangan pertama tahap pengembangan. Produk E-LKPD dinilai kevalidannya oleh validator yaitu 3 guru MTs Negeri 1 Jember. Validasi ahli dilakukan oleh dua dosen pendidikan IPA. Skor rata-rata yang diperleh dari validator adalah 86% degan kategori sangat valid. Tahap assesment stage dilakukan dengan melakukan uji coba lapangan dengan sampel 29 siswa kelas VII C MTs Negeri 1 Jember. Proses pembelajaran dilakukan selama tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh adalah data keterlaksanaan pembelajaran dan hasil tes siswa. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD memperoleh presentase sebesar 90%, kategori sangat praktis. Tes digunakan untuk mengetahui efektivitas E-LKPD terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa nilai N-gain adalah 0.57 atau dalam kriteria sedang. Selain tes juga terdapat respon siswa. Respon siswa terhadap E-LKPD terbagi menjadi pernyataan positif dengan presentase 90% kategori sangat tinggi dan pernyataan negatif dengan rata-rata 35% kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan E-LKPD dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran. E-LKPD pada materi energi dalam sistem kehidupan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya D. A. P, S.Pd., M.Pd., Ph,D. Dosen Pembimbing Anggota : Ulin Nuha, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kreatifen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record