Show simple item record

dc.contributor.authorWARDANI, Silvia Ayu
dc.date.accessioned2022-04-28T06:19:08Z
dc.date.available2022-04-28T06:19:08Z
dc.date.issued2022-04-08
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106680
dc.description.abstractKeterampilan kolaboratif penting dimiliki oleh peserta didik karena berguna untuk meningkatkan kerja sama kelompok, dan menentukan keberhasilan interaksi sosial pada masyarakat. Keterampilan kolaboratif peserta didik di kelas masih tergolong rendah karena ada beberapa indikator seperti kerja sama, tanggung jawab, fleksibilitas, dan kompromi dalam aktivitas diskusi peserta didik kurang di motivasi oleh guru. Mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan kolaboratif, diperlukan adanya inovasi dalam bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi yaitu mengembangkan e-LKPD pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan, validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif peserta didik SMP. Skripsi ini menerapkan model pengembangan Plomp dengan tahapannya meliputi 1) penelitian pendahuluan, 2) fase prototyping, dan 3) tahap penilaian. Instrumen pengumpulan data antara lain instrumen lembar validasi, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen lembar observasi keterampilan kolaboratif peserta didik, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk mengetahui validitas e-LKPD, kepraktisan e-LKPD, dan keefektifan e-LKPD. Nilai Kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan keefektifan e-LKPD diperoleh dari lembar observasi keterampilan kolaboratif peserta didik dan diukur peningkatannya menggunakan N-gain, serta teknik persentase untuk mengetahui respon peserta didik. Dengan demikian data yang diperoleh antara lain data validitas, data keterlaksanaan pembelajaran, data observasi keterampilan kolaboratif peserta didik, dan data respon peserta didik. Hasil validasi e-LKPD pada materi kalor dan perpindahannya dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,78% termasuk dalam kriteria valid. Ujicoba e-LKPD dilakukan di kelas VII F SMPN 1 Wuluhan dengan 3 kali pertemuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan e-LKPD. Kepraktisan pembelajaran menggunakan e-LKPD memperoleh nilai rata-rata persentase dari keseluruhan pertemuan sebesar 88,63% termasuk dalam kriteria sangat praktis dan terlaksana dengan baik. Hasil efektifitas e-LKPD memperoleh peningkatan nilai N-gain dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 memperoleh nilai 0,22 dengan kriteria peningkatan rendah, dan dari pertemuan 2 ke pertemuan 3 memperoleh nilai 0,57 dengan kriteria peningkatan sedang. Dengan demikian e-LKPD telah memenuhi kriteria keefektifan sehingga e-LKPD efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran materi kalor dan perpindahannya di SMP. Validitas e-LKPD materi kalor dan perpindahannya yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid. E-LKPD materi kalor dan perpindahannya dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD materi kalor dan perpindahannya di SMP dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan oleh guru. E-LKPD termasuk dalam kategori praktis sebagai bahan ajar dalam pokok bahasan kalor dan perpindahannya. Peningkatan keterampilan kolaboratif peserta didik setelah menggunakan e-LKPD kalor dan perpindahannya menunjukkan kriteria N-gain pada pertemuan 1 ke pertemuan 2 rendah dan sedang pada pertemuan 2 ke pertemuan 3. E-LKPD kalor dan perpindahannya memenuhi kriteria efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar pokok bahasan kalor dan perpindahannya dalam pembelajaran di SMP.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S.Pd., M.Si. Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaboratifen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePengembangan Media E-LKPD Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannyaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record