Show simple item record

dc.contributor.authorAVIANTI, Estian Ega
dc.date.accessioned2022-04-28T06:15:37Z
dc.date.available2022-04-28T06:15:37Z
dc.date.issued2022-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106679
dc.description.abstractArgumentation skill merupakan kemampuan seseorang dalam mengungkapkan dan mempertahankan sebuah argumen ataupun pernyataan yang diyakininya dengan disertai dengan bukti-bukti yang mendukung agar orang lain dapat percaya dan menerima argumen atau pernyataan tersebut. Argumentation skill memiliki peran penting dalam melatih pengetahuan pembelajaran sains agar siswa dapat memiliki nalar yang logis, pandangan yang jelas dan penjelasan yang rasional berdasarkan hal yang telah dipelajari. Namun berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kualitas argumentasi tertulis siswa masih berada dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan belum mendukung siswa untuk menyatakan argumenya secara langsung maupun tertulis sehingga siswa belum terbiasa mengisi soal-soal argumentasi. Untuk menunjang ketersediaan bahan ajar berbasis argumentasi maka perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD yang bertujuan untuk meningkatkan Argumentation skill siswa. Alasan pemilihan E-LKPD sebagai media belajar dalam meningkatkan argumentation skill siswa adalah berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, keefektifan E-LKPD yang dikembangkan menunjukkan hasil bahwa pada tes hasil belajar, tes pengetahuan proses sains dan respon siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan menunjukkan hasil dengan kategori sangat positif dan sangat baik. E-LKPD yang dilakukan dapat menjadi inovasi bahan ajar siswa untuk memenuhi tuntutan pembelajaran abad 21 yang menarik, berbeda, dan dapat digunakan di era pandemi. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pemngembangan media E-LKPD untuk meningkatkan argumentation skill siswa SMP pada pembelajaran IPA materi energi dalamvii sistem kehidupan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan model Plomp dimana terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, prototype stage, dan assessment phase. Teknik analisis data validitas yaitu menggunakan lembar validasi yang diisi oleh validator yang terdiri dari tiga orang. Data kepraktisan diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh observer. Data keefektifan diukur dengan hasil pretest dan pre-test yang dianalisis dengan rumus n-gain. Hasil dari validasi media E-LKPD untuk meningkatkan arugmentation skill siswa SMP dalam pembelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan, yaitu sebesar 88,6% dengan kategori valid yang berarti bahwa media E-LKPD telah disusun dengan baik dari aspek validitas isi maupun validitas konstruk. Hasil dari data kepraktisan media E-LKPD dalam pelaksanaan pembelajaran mencapai skor 89% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media E-LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA SMP materi energi dalam sistem kehidupan dengan mudah. Analisis data keefektifan menggunakan n-gain dari media E-LKPD yaitu sebesar 0,67 dengan kategori sedang yang menunjukkan bahwa media E-LKPD yang dikembangkan cukup meningkatkan argumentation skill siswa SMP dalam pembelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD untuk meningkatkan argumentation skill siswa SMP pada materi energi dalam sistem kehidupan termasuk ke dalam kategori valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media E-LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA SMP pada materi energi dalam sistem kehidupan.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S.Pd., M.Si. Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectARGUMENTATION SKILLen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.titlePengembangan Media E-Lkpd Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Untuk Meningkatkan Argumentation Skill Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.title.alternativeThe Development Of Electronic Student Worksheet About Energy In The Living System To Improve Argumentation Skill Of Junior High School Student In Science Learningen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record