Show simple item record

dc.contributor.authorMoh Abdullah Efendi
dc.date.accessioned2013-12-19T09:26:15Z
dc.date.available2013-12-19T09:26:15Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210301079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10628
dc.description.abstractAktivitas dan hasil belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan penerapan suatu model pembelajaran. Aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Tanggul Nampak masih kurang aktif. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang bertanya dan mengajukan pendapat setiap kali kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal lain yang menjadi permasalahan di sekolah tersebut juga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Kondisi tersebut khususnya terjadi pada kelas XI PM2. Realita di atas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna memecahkan masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah model pembelajaran dari model konvensional ke model Quantum Learning yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif ke aktif serta meningkatkan hasil belajar siswa agar memenuhi KKM. Model Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang menyangkut ketrampilan guru dalam merancang, mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran sehingga guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menggairahkan dan memiliki ketrampilan hidup. Dengan demikian model Quantum Learning sebagai salah satu pembaharuan pembelajaran, menyajikan petunjuk praktis dan spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Hal ini termasuk cara bagaimana merancang pembelajaran, menyampaikan bahan pembelajaran, dan bagaimana menyederhanakan proses belajar sehingga memudahkan proses belajar siswa. Tujuan pokok pembelajaran quantum yaitu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI PM2 SMK Negeri 1 Tanggul tahun pelajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah aktivitas siwa siklus I sebesar 69,47% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 77,18% lebih tinggi bila dibandingkan siklus I, aktivitas belajar siswa siklus II termasuk katagori aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan model Quantum Learning. Pada siklus pertama, dari 38 siswa yang mengikuti ulangan ada 11 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 71,05%. Sedangkan pada siklus II, dari 38 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 8 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, bearti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 78,94% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu model Quantum Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301079;
dc.subjectModel Pembelajaran Quantum Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNINGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record