Show simple item record

dc.contributor.authorPRATIWI, Cikal Citra
dc.date.accessioned2022-04-07T06:36:39Z
dc.date.available2022-04-07T06:36:39Z
dc.date.issued2022-01-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106255
dc.description.abstractKesalahan merupakan suatu penyimpangan dari jawaban yang berbeda dari suatu proses menyelesaikan soal yang seharusnya. Kesalahan juga diartikan sebagai sebuah tindakan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Dalam hal ini, ada beberapa kriteria kesalahan untuk mengalisis kesalahan siswa yakni kriteria Watson dan kriteria Newman. Salah satu kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kriteria Watson. Delapan kriteria yang dijabarkan oleh Watson tersebut lebih detail memberikan penjelasan mengenai kesalahan siswa secara rinci yang dapat mungkin dilakukan oleh siswa. Kriteria Watson dirumuskan oleh John Watson, John Watson merupakan seorang pendiri Behaviorisme. Menurut Watson terdapat 8 kriteria kesalahan saat menyelesaikan soal, yakni: Inappropriate Data/ID (data tidak tepat); Inappropriate Procedure/IP (prosedur tidak tepat); Omitted Data/OD (data hilang); Omitted Conclusion/OC (kesimpulan hilang); Response Level Conflict/RLC (konflik level respon); Undirected Manipulation/UM (manipulasi tidak langsung); Skill Hierarchy Problem/SHP (masalah hirarki keterampilan); dan selain ke-7 kategori (Above Other/AO). Salah satu materi matematika yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah materi aritmatika sosial. Dari materi aritmatika sosial masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Biasanya dalam matematika khususnya dalam materi aritmatika sosial disajikan persoalan kehidupan sehari-hari yang berbentuk soal cerita. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Salah satunya adalah dengan memberikan soal sharing task dan jumping task pada siswa saat pembelajaran berlangsung guna mencari kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi siswa saat belajar ataupun saat mengerjakan soal yang diberikan oleh seorang guru yakni salah satunya adalah kepribadian. Tipe kepribadian yang dipilih disini adalah tipe kepribadian yang disampaikan oleh William Moulton Marston (1893-1947). Ia menggolongkan tipe kepribadian dalam 4 kategori yakni dengan sebutan DISC (Dominance, Influence, Steadiness, Compliance). Beberapa penelitian sebelumnya telah banyak membahas tentang analisis kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson, akan tetapi masih belum ada penelitian serupa yang menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task pada materi aritmatika sosial berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task pada materi aritmatika sosial berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Jember. Subjek penelitian dipilih dengan menentukan subjek yang sesuai dengan tipe kepribadian DISC kemudian mencari subjek yang memiliki kesalahan paling banyak dengan subjek yang lain. Dalam hal ini, subjek penelitian terdiri atas 12 siswa dengan rincian 12 siswa mengerjakan soal sharing task dan 8 siswa mengerjakan soal jumping task. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini meliputi kegiatan pendahuluan, penyusunan instrumen, validasi instrumen, penentuan subjek penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas peneliti, soal tes tipe kepribadian DISC, soal tes sharing task dan jumping task, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pengambilan data dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 27 Oktober 2021 dan 9 November 2021. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan analisis untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sharing task dan jumping task pada materi aritmatika sosial berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe kepribadian DISC. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa tipe kepribadian dominance, influence, steadiness, dan compliance sama-sama melakukan beberapa kesalahan yakni prosedur tidak tepat (Innapropriate Procedure/ IP), konflik level respon (Response Level Conflict/ RLC) dan masalah hirarki keterampilan (Skill Hierarchy Problems/SHP). Kemudian untuk kesalahan manipulasi tidak langsung (Undirected Manipulation/UM) dilakukan oleh tipe kepribadian dominance, influence, dan steadiness. Tipe kepribadian influence, steadiness, dan compliance juga melakukan kesalahan data tidak tepat (Innapropriate Data/ ID) dan kesalahan selain ke-7 kategori tersebut (Above Other/ AO). Terakhir, tipe kepribadian steadiness melakukan kesalahan yakni data hilang (Omitted Data/ OD).en_US
dc.description.sponsorshipDr. Hobri, S.Pd., M.Pd Randi Pratama M., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKriteria Watsonen_US
dc.subjectSharing tasken_US
dc.subjectJumping Tasken_US
dc.subjectMateri aritmatika sosialen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Tipe Kepribadian DISCen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record