Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Sri Wahyuni
dc.date.accessioned2013-12-19T06:26:26Z
dc.date.available2013-12-19T06:26:26Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080910201033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10422
dc.description.abstractJaminan persalinan merupakan jaminan pembiayaan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan normal, pelayanan nifas, pelayanan bayi baru lahir, KB setelah bersalin, dan layanan rujukan. Jaminan persalinan atau Jampersal dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang masih sangat tinggi di Indonesia. Sasaran dari program ini adalah ibuibu yang belum memiliki jaminan kesehatan. Pelaksanaan program Jampersal ini dilakukan di pelayanan tingkat dasar (puskesmas, poskesdes, rumah bersalin) dan dilaksanakan di tingkat lanjutan (rumah sakit). Puskesmas Patrang merupakan salah satu organisasi publik pemerintah yang bertugas memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas ini terletak di Jalan Kaca Piring no 5 Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang. Peneliti memilih tempat ini sebagai lokasi penelitian karena diindikasikan terdapat masalah saat pelaksaan program Jampersal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe deskriptif. Peneliti menggunakan lima indikator evaluasi yaitu keefektifan, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan kelayakan untuk mengukur variabel jenis layanan program Jampersal. Dalam penelitian ini, peneliti menyebarkan koesioner/daftar pertanyaan kepada 60 orang responden. Responden tersebut adalah ibu-ibu penerima program Jampersal. Dari jawaban responden tersebut dilakukan analisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk indikator yang pertama yaitu keefektifan, dari 6 jenis layanan program, 2 jenis layanan program yaitu biaya gratis dan kunjungan persalinan viii tidak sesuai dengan standar layanan program. Kedua, untuk indikator kecukupan, semua jenis layanan program Jampersal dapat memecahkan masalah bagi penerima program. Ketiga, indikator pemerataan, semua jenis layanan Jampersal menjangkau kelompok masyarakat berbeda-beda. Keempat, indikator responsivitas, dari 6 jenis layanan program Jampersal, layanan kunjungan persalinan tidak memuaskan masyrakat sebagai penerima program. Kelima, indikator kelayakan, semua jenis layanan program Jampersal memberikan manfaat kepada target group yaitu ibu-ibu penerima program.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910201033;
dc.subjectjaminan persalinanen_US
dc.titleEvaluasi Pelaksanaan program Jaminan Persalinan di Puskesmas Patrang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember; Linda Sri Wahyuni, 080910201033en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record