Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorBudyawati, Luh Putuh Indah
dc.date.accessioned2021-04-19T07:02:05Z
dc.date.available2021-04-19T07:02:05Z
dc.date.issued2021-01-28
dc.identifier.nim160210205033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104226
dc.description.abstractAnak usia dini adalah seorang individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan yang sangat pesat dan fundamental bagi kehidupan manusia yang akan mendatang. Anak usia dini berada pada rentang usia 0-8 tahun. Pada masa ini anak akan mengalami berbagai proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak dimana anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Pada masa ini juga sering disebut sebagai masa-masa keemasan (golden age). Kecerdasan dalam Multiple intelgencesada sembilan kecerdasan meliputi kecerdasan ligustik (mengelola kata), kecerdasan matematik-logis (angka), kecerdasan Visual-spasial (gambar/seni), kecerdasan musik (peka terhadap suara-suara, nada), kecerdasan kinestetik (gerak), kecerdasan interpersonal (peka terhadap perasaan orang lain), kecerdasan intrapersonal (peka terhadap perasaan diri sendiri), kecerdasan naturalis (peka terhadap lingkungan alam). Dunia anak adalah bermain dengan bermain anak akan mengembangkan berbagai kecerdasan salah satunya adalah kecerdasan kinestetik. Metode merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan menerapkan berbagai cara dalam kegiatan, agar tujuan yang dicapai sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan (Latif dkk., 2013:108). Gerak dan lagu sangat melekat erat dan tidak dapat dipisahkan terutama dalam pembelajaran anak usia dini. Melalui metode gerak dan lagu anak-anak diajak untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan yang timbul pada saat mereka mendengarkan lagu kemudian diikuti dengan gerakan-gerakan yang sederhana. Aktivitas yang dilakukan melalui gerak x dan lagu diharapkan akan mengembangkan kecerdasan kinestetik anak, dan bersifat menyenangkan bagi anak sehingga anak akan merasa tidak bosan pada saat kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh metode gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui ada tidaknya “pengaruh metode gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 Di TK Dharma Wanita Tegal Gede yang terdiri dari 19 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Treatment dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, dan selajutnya peneliti melakukan uji hipotesis dengan uji-t paired sample t-test menggunakan SPSS versi 17.0 dari hasil penelitian dapat diperoleh t hitung sebesar 21,613 dengan nilai (p) signifikasi 0,00 yang berarti < 0,05. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Tegal Gede. Saran yang disampaikan yaitu sebaiknya guru bisa menambahkan variasi dalam pembelajaran sehingga kecerdasan kinestetik anak berkembang dengan seimbang, contoh penerapan metode gerak dan lagu yang disesuaikan dengan tema pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMetode Geraken_US
dc.subjectKecerdasan Kinestetik Anaken_US
dc.titlePengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B1 di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru PAUD
dc.identifier.kodeprodi0210205


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record