Show simple item record

dc.contributor.authorUjang Sarwono
dc.date.accessioned2013-12-19T06:09:59Z
dc.date.available2013-12-19T06:09:59Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210402113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10398
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong mengalami peningkatan. Hasil belajar menulis surat dapat diketahui melalui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa (50%) yang mendapat nilai < 70. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 20 menjadi 31 siswa (77,5%) yang mendapat nilai ≥ 70, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (85%), kemudian setelah diterapkan siklus II meningkat menjadi 36 siswa (90%) dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan pada siklus II guru lebih aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, daripada siklus I guru kurang aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) bagi guru bahasa dan sastra Indonesia, pada materi menulis teks pidato, sebaiknya menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks pidato seperti memperhatikan struktur kalimat, ejaan, dan penggunaan kalimat efektif dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsun, 2) bagi siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk membiasakan menulis teks pidato agar kemampuan dalam menulis semakin baik, dan 3) bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang berbeda, disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin dan memperhatikan hal-hal yang bersifat penting dalam penulisan teks pidato.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402113;
dc.subjectMenulis Teks Pidato, Kegiatan Peer Correctionen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 1 KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record