Show simple item record

dc.contributor.authorDEVI HAYUNINGATI
dc.date.accessioned2013-12-19T02:05:02Z
dc.date.available2013-12-19T02:05:02Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204289
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10270
dc.description.abstractMata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SDN Padomasan 01merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Jombang Kabupaten Jember yang masih menggunakan metode ceramah serta media buku paket dan LKS. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Padomasan 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran? 2) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya? 3)bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui langkah-langkah penerapan Video Pembelajaran siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012. 2)meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran . 3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Video Pembelajaran dan desain dari penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa, diketahui pada siklus 1 presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,88% sedangkan pada siklus 2 presentase yang diperoleh mencapai 83,33%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan motivasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,45%. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64,70% dari 34 siswa, 22 siswa telah tuntas dan 12 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 82,35% dari 34 siswa, 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 17,65%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan suku bangsa dan budaya di SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang kabupaten Jember. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan Video Pembelajaran yaitu guru harus senantiasa menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembalajaran untuk mengembangkan susana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204289;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Melalui Penerapan Video Pembelajaran Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budayaen_US
dc.titlePENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI SDN PADOMASAN 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record