Show simple item record

dc.contributor.authorAinun Sorga Wihati
dc.date.accessioned2013-12-19T01:16:38Z
dc.date.available2013-12-19T01:16:38Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210204143
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10216
dc.description.abstractApresiasi sastra adalah kegiatan menggauli karya sastra dengan sungguhsungguh hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan yang baik terhadap sastra”. Dari pengertian ini sudah jelas bahwa pembelajaran sastra khususnya puisi untuk membangun kompetensi dalam berapresiasi puisi dalam bentuk tulisan maupun lisan. Hasil orientasi dilapangan kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi pada umumnya siswa masih mendengarkan penjelasan guru sambil bergurau sehingga aktivitas pembelajaran tidak berlangsung dengan baik dan ada beberapa siswa yang masih malu dan kurang percaya diri dalam mengapresiasikan puisi khususnya membaca puisi. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dalam hal mengapresiasikan puisi yaitu dengan menerapkan pendekatan integratif misalkan guru membuat pola denah tempat duduk yang nyaman disaat guru menjelaskan materi supaya selama proses pembelajaran siswa menperhatikan penjelasan guru, perlunya ada sedikit penyegaran dan motivasi agar siswa mau mengikuti kegiatan pembelajaran sampai akhir dengan menyelipkan lagu disaat pembelajaran, guru harus lebih jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran Permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan integratif yang dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar mengapresiasikan puisi setelah diterapkan pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. Tujuan Penelitiannya yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan integratif yang dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. (2) Meningkatkan hasil belajar mengapresia sikan puisi setelah diterapkan pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan mengapresiasikan puisi melalui pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan integratif yaitu dengan cara guru membentuk suatu kelompok pada siswa, memberikan motivasi dan selingan lagu pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga siswa merasa senang mengikuti pembelajaran. Serta adanya suatu model monolog (guru sebagai contoh) dalam proses membaca puisi, sehingga siswa akan prcaya diri dalam membacakan sebuah puisi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Hal ini terbuki dari rata-rata nilai hasil belajar mengapresiasikan puisi prasiklus sebesar 60,45 atau ketuntasanya sebesar 31,8%, kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 69,36 pada siklus I atau ketuntasannya sebesar 45,4%, dan rata-rata pada siklus II meningkat sebesar 81,54 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 81,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan perbaikan dalam pembelajaran, agar siswa tidak bosan selama pembelajaran sehingga pembelajaran dengan pendekatan integratif hendaknya dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dikelas karena dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi dan hasil belajar siswa dalam mengapresiasikan puisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204143;
dc.subjectMengapresiasikan Puisi melalui Pendekatan Integratifen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN PUISI MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA KELAS VI SDN 2 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record