Show simple item record

dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Erwin
dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.authorHAYINA, Rizky
dc.date.accessioned2020-11-18T03:25:40Z
dc.date.available2020-11-18T03:25:40Z
dc.date.issued2019-07-24
dc.identifier.nim120210101123
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102036
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan suatu negara. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Hasbullah (1999:122) bahwa nasionalisme dalam pendidikan terutama bertujuan untuk memelihara dan memuliakan negara. Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan suatu bangsa. Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan suatu negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Dengan pendidikan, seseorang bisa meningkatkan potensi diri dan cara berfikir, serta pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi bangsa yang ingin maju, karena pendidikan dapat menjadi tolak ukur kualitas suatu bangsa. Pada penelitian ini digunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual karena masih jarang digunakan atau diterapkan di sekolah, sehingga perlu dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini berbasis permasalahan kontekstual pada pokok bahasan dimensi tiga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Kegiatan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual pokok bahasan dimensi tiga menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria, valid, efektif, dan praktis. Valid ditunjukkan dati tahap validasi oleh dua validator, hasil validasi dan interpretasi Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual yaitu 0.84 dan interpretasinya sangat tinggi. Praktis ditunjukkan dari presentase angket respon siswa yang memperoleh 86.25% dengan kategori baik. Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar siswa, dimana siswa mendapat nilai di atas KKM. Hasil keseluruhan subjek yang d uji yang berjumlah sembilan siswa memperoleh nilai 80% dan dalam kategori baiken_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLembar Kerja Siswa (LKS)en_US
dc.subjectKonteksual Pokok Bahasan Dimensi Tigaen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Dimensi Tigaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKA
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record