Show simple item record

dc.contributor.advisorMUBAROK, A. Munif
dc.contributor.authorOKTAVIA, Abela Ridma
dc.date.accessioned2020-11-11T06:15:36Z
dc.date.available2020-11-11T06:15:36Z
dc.date.issued2020-03-20
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101865
dc.description.abstractTaman Penitipan Anak adalah wahana pelayanan pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak atau lembaga yang melengkapi peranan keluarga dalam merawat dan mengasuh anak selama orangtua tidak di tempat atau berhalangan. Salah satu fokus perkembangan anak yakni sikap mandiri anak. Kemandirian penting ditanamkan sebagai bekal dewasanya nanti agar dapat berfungsi sosial yang baik sesuai perannya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana pendayagunaan prinsip penyelenggaraan taman penitipan anak sebagai metode intervensi dan bagaimana metode intervensi tersebut dalam membangun kemandirian anak sebagai peran lembaga pengasuhan anak dalam mendidik anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan purposive sampling dengan informan pokok yakni pengasuh (TS) dan informan tambahan sejumlah 3 orang, yakni guru (BE) dan wali murid AN dan PH, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan/observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan 7 tahap yakni : pengumpulan data mentah, transkip data, pembuatan koding, kategorisasi data, penyimpulan sementara, triangulasi, lalu penyimpulan akhir. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan berupa pemberian peran kepada anak sebagai leader, memberi keleluasaan anak untuk mencoret-coret tembok kelas, anak dibebaskan untuk memilih aktivitasnya dan sadar konsekuensi pilihannya, dan anak didorong untuk konsisten mengaplikasikan prinsip-prinsip pengasuhan. Intervensi tersebut membentuk sikap percaya diri, tanggung jawab, kontrol diri dan ketegasan diri, serta mampu berinisiatif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries140910301031;
dc.subjecttaman penitipan anaken_US
dc.subjectTpaen_US
dc.subjectsikap mandiri anaken_US
dc.subjectkemandirian anaken_US
dc.titlePendayagunaan Prinsip Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (Tpa) Sebagai Metode Intervensi Dalam Membangun Kemandirian Anak DI TPA Sabilur Rahim, Patrang, Jember Utilization Principles of Handling a Childcare as an Intervention Method in Developing Children Self Independence in Sabilur Rahim Childcare, Patrang, Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi9103010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record