Show simple item record

dc.contributor.authorAnita Kurniawati
dc.date.accessioned2013-12-18T07:49:02Z
dc.date.available2013-12-18T07:49:02Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210482002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10123
dc.description.abstractHasil dalam penelitian ini kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran mengalami peningkatan. Peningkatan mengapresiasi cerpen dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada tahap prasiklus, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan nilai 75 adalah 39% atau 16 siswa dari 41 siswa, dan pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan nilai 75 adalah 95% atau 37 siswa dari 39 siswa. Bagi 2 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) diberikan bimbingan secara individu. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran mengapresiasi cerpen pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran berlangsung dengan sistem pembelajaran kognitif, emotif, dan reflektif. Kemampuan mengapresiasi cerpen mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus 39%, dan siklus I 95% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya saran yang diberikan yaitu 1) Guru bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai teknik pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen, dan 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan teknik teater pikiran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210482002;
dc.subjectMengapresiasi Cerita Pendek, Teknik Teater Pikiranen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS X-4 SMAN 1 TANGGUL JEMBER DALAM MENGAPRESIASI CERITAPENDEK DENGAN TEKNIKTEATER PIKIRANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record