Show simple item record

dc.contributor.authorAshari Efendi
dc.date.accessioned2013-09-10T06:28:39Z
dc.date.available2013-09-10T06:28:39Z
dc.date.issued2013-09-10
dc.identifier.nimNIM080210204038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1004
dc.description.abstractPembelajaran IPS di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dipahami. Berdasarkan hasil observasi di SD IT Harapan Umat Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS pada pokok keadaan sosial di Indonesia dan negara-negara tetangga. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan keadaan sosial Indonesia dan negara-negara tetangga melalui penerapkan pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VI SD IT Harapan Umat Jember. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD IT Harapan Umat Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keadaan sosial Indonesia dan negara-negara tetangga melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SD IT Harapan Umat Jember, dimulai pada tanggal 15 September 2011 sampai tanggal 19 November 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas VI SD IT Harapan Umat Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 71,3 % dengan kriteria aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 86% dengan kriteria sangat aktif. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria aktif menjadi sangat aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 85% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar pada 90% pada siklus II serta mencapai klasikal sebesar 80%. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang terkait. Bagi siswa sebagai pengalaman belajar bersama sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan kerja sama, bagi guru sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah sebagai informasi dalam pembelajaran dan alternatif metode mengajar untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Bagi peneliti lain, temuan yang didapat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan atau masukan bagi penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204038;
dc.subjectPEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEADAAN SOSIAL INDONESIA DAN NEGARA- NEGARA TETANGGA DI KELAS VI SD IT HARAPAN UMAT JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record